TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MEKANISME AGEN BRILINK PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK. UNIT SUKAMULIA, AGEN ULONG KHASBI PRATAMA DI DESA GAPUK KECAMATAN. SURALAGA

  • Ratnawati uin mataram
Keywords: Tinjauan hukum islam, mekanisme Agen BRILink

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam Terhadap Mekanisme Agen Brilink Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Unit Sukamulia, Agen Ulong Khasbi Pratama Di Desa Gapuk Kecamatan. Suralaga. Jenis penelitian ini menggunakan Metodologi penelitian kualitatif yang bersifat senomenologis yaitu berusaha memahami arti peristiwa yang terjadi di lapangan dan situasi tertentu untuk mendapatkan data yang kongkrit maka peneliti perlu mengadakan pendekatan peneliti, kehadiran peneliti, sumber data, metode pengumpulan data,metode analisa data, dan keasahan data. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa syarat perjanjian keagenan terdiri dari agen perorangan, memiliki sumber penghasilan kegiatan usaha tetap, dan memiliki surat legalitas usaha. Tahap perusedur dan pengisian formulir, peyerahan dokumen, pemeriksaan dokumen, putusan persetujuan kerjasama dan peyerahan sartifikat agen. POJK dan Bank BRI tidak memasukan syarat kecakapan untuk calon agen BRILink.

References

Armstrong, Michael and Baron, A. 1998. Performance Management: The New Realities. New York: Institute of personnel and Develoment.

Bernardin, H. John and Ressel, Joice E. A. 2003. Human Resources Management. New York: Mc Graw-Hill.

Bodroastuti, Pratiwi Indarjanti Tri, 2009. Pengaruh kemampuan, upayaindividual Dan dukungan Organisasi Terhadap Kinerja. Jurnal sekolah tinggi ilmu Ekonomi Widya Manggala Semarang.

Dessler, Gary. 2003. Human Resoure Management Tenth Edition. New Jersey Prentice Hall.
Djarwantops dan pangestu, subagyo. 1996. Statikti Induktif Edisi Empat.Yoqyakarta: Badan percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Gaja Mada.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate. Dengan program SPSS Badan penerbit Universitas Diponegoro, semarang.
H. B. Sutopo, 2006. Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya Dalam penelitian. Surakarta: Universitas sebelas maret.
Hasibuang, melayu SP. 2005. Manajemen sumberdaya Daya manusia, edisi revisi.Jakarta: Bumi Aksara.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate. Dengan program SPSS Badan penerbit Universitas Diponegoro, semarang.

Indriantoro, Malayu SP. 2002. Metodelogi penelitian untuk Akuntansi dan manajemen. Cetakan 2. Yogyakarta: BPEE.
Irwan, prasetya. 1999. Logika Dan prosedur penelitian. Jakarta: SETIA-LAN press
Ivannacevich, konopaske, matteson, 2006. Perilaku dan manajemen Organisasi, Jakarta: Erlangga.
Kartono,kartini. 2001. Pemimpin dan kepemimpinan. Jakart: Rajawali press.
Kartono,kartini. 2001. Pemimpin dan kepemimpinan. Jakart: Rajawali press.
Mahmudi. 2007. Manajemen kinerja sector publik. Yoqyakarta: UPP sekolah Tinggi Ilmu manajemen YKPN.
Published
2021-07-13
How to Cite
Ratnawati. (2021). TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MEKANISME AGEN BRILINK PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK. UNIT SUKAMULIA, AGEN ULONG KHASBI PRATAMA DI DESA GAPUK KECAMATAN. SURALAGA. Al-Watsiqah : Jurnal Hukum Ekonomi Syari’ah, 1(02), 64-70. https://doi.org/10.51806/al-watsiqah.v12i02.18