IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA DALAM MENINGKATKN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NW LENDANG BATU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, Strategi pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya dan mendeskripsiskan implemntasi pembelajaran berbasis budaya, batasan istilah Penelitian ini strategi menggambar, motivasi dan penilaian dalam implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajran Akidah Akhlak di kelas V Madrasah Ibtidaiyah NW Lendang Batu tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantittatif dengan jenis deskriptif. Objek penelitian ini adalah Siswa kelas V MI NW Lendang Batu. Penelitian ini dilaksanakan di MI NW Lendang Batu, pada Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penilaian, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu berupa pedoman lembaran observasi, Penilaian, dan Dukumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan penyajian data, dengan cara deskreptif dan kuantitatif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dari segi Pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya merupakan strategi yang tepat untuk pembelajaran akidah akhlak. Kedua, pembelajran berbasisis budaya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik.
Copyright (c) 2021 Saharudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.