IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA DALAM MENINGKATKN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NW LENDANG BATU

  • Saharudin Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Keywords: Pembelajaran Berbasis Budaya, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, Strategi pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya dan mendeskripsiskan implemntasi pembelajaran berbasis budaya,  batasan istilah Penelitian ini strategi menggambar, motivasi  dan penilaian dalam implementasi  Pembelajaran Berbasis Budaya  dalam meningkatkan prestasi  belajar siswa pada mata pelajran Akidah Akhlak di kelas V Madrasah Ibtidaiyah NW Lendang Batu tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantittatif dengan jenis deskriptif. Objek penelitian ini adalah Siswa kelas V MI NW Lendang Batu. Penelitian ini dilaksanakan di MI NW Lendang Batu, pada Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,  penilaian, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu berupa pedoman  lembaran observasi, Penilaian, dan Dukumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan penyajian data, dengan cara deskreptif dan kuantitatif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dari segi Pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya  merupakan strategi yang tepat untuk pembelajaran akidah akhlak. Kedua, pembelajran berbasisis budaya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik.

Published
2021-04-25
How to Cite
Saharudin. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA DALAM MENINGKATKN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NW LENDANG BATU . Al-Mujahidah, 2(1), 177-194. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v2i1.27
Section
Articles