DAMPAK MEDIA GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI MI NW PUNGKANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Salah satu dari produk teknologi informasi yang sangat berpengaruh bagi siswa untuk mendapatkan informasi yaitu internet. Didalam internet juga menyediakan banyak sekali hiburan yang ditawarkan, salah satunya seperti Game Online. Beberapa tahun ini sedang maraknya game berbasis online yang banyak dipopulerkan mulai dari kalangan anak-anak, remaja sampai kalangan dewasa, dikarenakan perkembangan era globalisasi yang sangat pesat dan perkembangan teknologi yang semakin tahun semakin canggih, Hal ini membuat resah semua kalangan lembaga pendidikan, baik lembaga pemerintahan, lembaga masyarakat dan pihak pendidik. Perkembangan prestasi akademik peserta didik semakin hari semakin memperihatinkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Dampak Media Game Online Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI MI Nw Pungkang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mana datanya diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari Media Game Online Bagi Peserta didik di MI Nw Pungkang adalah membuat hasil atau nilai belajar peserta didik semakin menurun drastis, serta kefokusan belajar juga semakin menurun.
References
Indah Dhamayanthie.2020. Dampak Game Online Terhadap Perilaku Mahasiswa Akamigas Balongan. Jurnal Rekayasa, Teknologi dan Sains, volume 4,No 1.
Retno Ayu Wardany & Suhartono. 2021. Analisis Dampak Game Online terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV B di SD Negeri Sawojajar 01 Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, Volume 1, No. 12.
Rika Andriani,Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manejemen Perkantoran. Vol.4 (1).
Rulyandi, R. (2023). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 7-12 TAHUN MELALUI GAME ONLINE. Al-Mujahidah, 4(1), 11-21. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v4i1.62
Sri Wahyuni Adiningtiyas. 2017. Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game Online
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zulkifli, M., & Hady, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 44-56.
Zulkifli, M., & Wahida, W. A. (2022). Dampak Teknologi Smartphone Di Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Perilaku Siswa. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 201-212.
Zulkifli, M., Jannah, M., & Komaruddin, K. (2023). Strategi Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PAI di SMP IT Al-Baqiyatusshalihat NW Santong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2517-2525.
Copyright (c) 2023 Nishfiya Ramdoniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





