ANALISIS PERMAINAN EDUKASI KINCIR ANGKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang dapat melatih kemampuan untuk berpikir analitis, logis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu masalah. Namun masih banyak ditemukan siswa yang belum bisa berhitung atau kesulitan berhitung. Maka dari itu untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa diciptakanlah sebuah alat permainan edukasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan permainan edukasi kincir angka dalam pembelajaran matematika . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan edukasi kincir angka dapat melatih kemampuan berhitung pada siswa serta mengenali operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Siswa terlihat sangat aktif dan antusias saat mencoba permainan tersebut. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat permainan edukasi kincir angka dapat memberikan pemahaman dalam berhitung pada siswa.
References
Alawiyah, Z., Hidayah, N., Fauziah, R., Khoirotunnisya, W. A., & Sundari, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kincir Kelinci Berhitung Untuk Meningkatkan Kognitif Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 7(2), 122-12 dari https://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/download/371/177
Farihah, H. (2017, 6 Januari). Membaca Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. JUAL: Jurnal Program Studi PGRA , 3 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v3i1.198
Jazariyah, J., Latifah, E., & Atifah, N. Z. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 180–190. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5038
Maryuni, M., & Nurizzati, N. (2018). Pembuatan Mainan Edukasi Berbentuk Kincir Angin dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Literatur Anak. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 7(1), 104-118 dari https://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/100966
Nabila, N., & Basri, M. (2023). Permainan Kincir Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9641-9647 dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7869
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R., S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rahman BP, A., Munandar, S., A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8 dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Sari, RHY (2024). Pelatihan Alat Peraga Kincir Angin Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SD. MESTAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 3 (1), 93-98 dari https://pakisjournal.com/index.php/mestaka/article/download/297/146/2032
Suparlan. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 245-258.
https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.897
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(3), 435-448 dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1122/787/
Susilawati, W., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2021). Adaptive reasoning based on Microsoft mathematics. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 5(1), 216-224. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3918
Sundari, Rista.2021. Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD. Journal of Early Childhood and Character Education. 1(1) https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6610
Widdiharto, R. (2008). Diagnosis kesulitan belajar matematika SMP dan alternatif proses remidinya. Jakarta: Depdiknas.
Copyright (c) 2024 Puja Asmawati Ayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





