ANALISIS PERMAINAN EDUKASI KINCIR ANGKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

  • Puja Asmawati Ayu Universitas Mataram
Keywords: Permainan Edukasi, Kincir Angka, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang dapat melatih kemampuan untuk berpikir analitis, logis dan  sistematis dalam menyelesaikan suatu masalah.  Namun masih banyak ditemukan siswa yang belum bisa berhitung atau  kesulitan  berhitung. Maka dari itu untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa diciptakanlah   sebuah alat permainan edukasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan permainan edukasi kincir angka dalam pembelajaran matematika . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa  permainan edukasi kincir angka dapat melatih kemampuan berhitung  pada siswa serta mengenali operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Siswa  terlihat sangat aktif  dan antusias saat mencoba permainan tersebut. Oleh karena itu  dapat disimpulkan bahwa  penggunaan alat permainan edukasi kincir angka dapat memberikan pemahaman dalam berhitung  pada siswa.

References

Alawiyah, Z., Hidayah, N., Fauziah, R., Khoirotunnisya, W. A., & Sundari, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kincir Kelinci Berhitung Untuk Meningkatkan Kognitif Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 7(2), 122-12 dari https://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/download/371/177

Farihah, H. (2017, 6 Januari). Membaca Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. JUAL: Jurnal Program Studi PGRA , 3 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v3i1.198

Jazariyah, J., Latifah, E., & Atifah, N. Z. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 180–190. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5038

Maryuni, M., & Nurizzati, N. (2018). Pembuatan Mainan Edukasi Berbentuk Kincir Angin dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Literatur Anak. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 7(1), 104-118 dari https://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/100966

Nabila, N., & Basri, M. (2023). Permainan Kincir Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9641-9647 dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7869

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R., S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rahman BP, A., Munandar, S., A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8 dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757

Sari, RHY (2024). Pelatihan Alat Peraga Kincir Angin Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SD. MESTAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 3 (1), 93-98 dari https://pakisjournal.com/index.php/mestaka/article/download/297/146/2032

Suparlan. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 245-258.

https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.897

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(3), 435-448 dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1122/787/

Susilawati, W., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2021). Adaptive reasoning based on Microsoft mathematics. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 5(1), 216-224. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3918

Sundari, Rista.2021. Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD. Journal of Early Childhood and Character Education. 1(1) https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6610

Widdiharto, R. (2008). Diagnosis kesulitan belajar matematika SMP dan alternatif proses remidinya. Jakarta: Depdiknas.

Published
2024-10-15
How to Cite
Puja Asmawati Ayu. (2024). ANALISIS PERMAINAN EDUKASI KINCIR ANGKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR . Al-Mujahidah, 5(2), 46-50. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v5i2.128
Section
Articles