PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA KELAS 4 SDN BUNCALANG
Abstract
Khususnya bagi anak-anak dan remaja, penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam proses pendidikan. Permainan ular tangga merupakan salah satu media menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol yang menggunakan media gambar dan kelompok eksperimen yang menggunakan media ular tangga. Data sebelum dan sesudah tes dikumpulkan untuk mengukur perubahan motivasi belajar siswa. Dibandingkan dengan media visual, temuan penelitian menunjukkan bahwa minat dan kegembiraan belajar siswa jauh lebih tinggi ketika menggunakan media pembelajaran ular tangga. Dalam membaca, mendengarkan, menulis, dan percakapan, di antara tugas-tugas pembelajaran lainnya, siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan keterlibatan yang lebih besar. Dengan demikian, media pembelajaran ular tangga terbukti efektif sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 4 SDN Buncalang
References
Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional .Jakarta: Prenadamedia Group
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok : Rajawali Pers.
Dahlan, D. (2018). Penggunaan Media Kartu Domino Dalam Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Pada Siswa Kelas III SDN 240 Harue Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5964
Depdiknas. (2013). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Djmara, S. B. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Bumi Aksara.
Hamdalah, A. (2013). Efektivitas Media Cerita Bergambar Dan Ular Tangga Dalam PendidikanKesehatan Gigi Dan Mulut Siswa Sdn 2 PatrangKabupaten Jember. Jurnal Promkes, 1(2), 118–123.
Hadi, S. (2017), Evektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SekolahDasar. Transformasi Pendidikan Abad 21,1 (15), 96-102.
Karwono, (2017). Belajar dan Pembelajaran sertaPemanfaatan Sumber Belajar. Depok: RajawaliPers.
Kel, S., & Mulia, T. (2019). Pengaruh Media Enteraktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Materi Lagu Siswa Daerah kelas IV SDN 1 Sawah LamaBandar Lampung.
Maulidah, & Syakur, A. (2018). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Materi Dongeng Pada Murid Kelas V (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1), 408-416
Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128.
Rahmawati, K. D. (2017). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sd Muhammadiyah 4 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang, 8–23. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35563
Rakhmadhani, N., Yamtinah, S., & Utomo, S. (2013).Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka – Teki Silang Dan Ular Tangga Dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid Kelas Xi Sma Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(4), 190–197.
Rosyid, M. Z., sa’diyah, H,. & Septiana, N. (2020). Ragam Media Pembelajaran. Malang: Guru Sekolah Dasar, 02(02), 1-10.
Sadijah. (2018). Pengembangan Profesi Pendidikan Kota Surakarta. Jurnal PendidikanDwija Utama.
Sani, R.A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.
Copyright (c) 2024 Wardatuzzahra, Nurmalasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
							
							


 

