PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA UNTUK MENGEMBANGKAN SENI KERAJINAN TANGAN KELAS IV DI SDN 39 AMPENAN
Abstract
Abstrak
Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Di era modern, kreativitas menjadi kompetensi esensial yang perlu dikembangkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas IV di SDN 39 Ampenan melalui seni kerajinan tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan daur ulang, pembelajaran berbasis proyek, yorkshop dan kelas kreatif, serta kompetisi dan pameran secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa, keterampilan motorik halus, kemampuan berpikir kritis, dan pemecahan masalah Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan modul pembelajaran seni kerajinan tangan yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan dengan menyediakan panduan praktis bagi guru untuk mengintegrasikan seni kerajinan tangan ke dalam kurikulum sekolah.
Kata Kunci: Kreativitas Siswa, Seni Kerajinan Tangan, Pembelajaran Berbasis Proyek, Bahan Daur Ulang, Pendidikan Dasar
Abstract
Education plays a crucial role in the development of students' character and skills. In the modern era, creativity has become an essential competency that needs to be fostered from an early age. This study aims to examine effective strategies for enhancing the creativity of fourth-grade students at SDN 39 Ampenan through arts and crafts. The study employs a qualitative approach using a case study method. Data were collected through participatory observation, in-depth interviews, and documentation. The results indicate that the use of recycled materials, project-based learning, workshops and creative classes, as well as competitions and exhibitions, significantly enhance students' creativity, fine motor skills, critical thinking abilities, and problem-solving skills. Additionally, this study produced an arts and crafts leaming module that can be used by teachers to boost students' creativity. This research makes an important contribution to the field of education by providing practical guidelines for teachers to integrate arts and crafts into the school curriculum education.
Keywords: Student Creativity, Arts and Crafts, Project-Based Leaming, Recycled Materials, Primary
References
Ambarwati, Y., & Wahyudi, S. (2019). "Implementasi Kegiatan Kerajinan Tangan Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa". Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 55-64.
Anderson, A., & Kolberg, E. (2019). The Role of Recycled Materials in Enhancing Creativity in Elementary Art Classes. Journal of Environmental Education, 50(2), 153-162. doi:10.1080/00958964.2019.1571960
Bell, S. (2020). Project-Based Learning for Elementary Students: Impact on Critical Thinking and Creativity. Educational Psychology Review, 32(4), 529-543. doi:10.1007/s10648-020-09512-4
Handayani, S., & Saputra, E. (2021). "Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa". Jurnal Pendidikan Kreatif, 3(1), 15-27.
Kartika, Y., & Puspitasari, R. (2020). "Efektivitas Penggunaan Bahan Daur Ulang dalam Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Seni, 8(3), 135-145.
Morris, J. (2019). Student Motivation and Confidence through Art Competitions. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 13(1), 123-132. doi:10.1037/aca0000187
Mulyani, R., & Harini, N. (2022). "Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Seni Kerajinan Tangan Berbasis Proyek". Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 47-56.
Prasetyo, T., & Widodo, A. (2023). "Pengaruh Workshop Seni Terhadap Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa". Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(2), 78-89.
Ratnawati, R., & Susanto, S. (2021). "Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Kerajinan Tangan untuk Sekolah Dasar". Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 45-58.
Sari, A. D., & Nurhadi, D. (2023). "Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Seni Rupa untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa". Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 98-110.
Smith, T. (2020). Integrating Digital Technology into Elementary Art Education: Enhancing Creativity and Engagement. *Computers & Education, 145, 103737. doi:10.1016/j.compedu.2019.103737
Susanto, Y., & Lestari, I. (2020). "Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Seni Kerajinan Tangan". Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 123-132.
Widiastuti, S., & Riyadi, B. (2022). "Evaluasi Hasil Pembelajaran Berbasis Seni Kerajinan Tangan di SDN 39 Ampenan". Jurnal Evaluasi Pendidikan, 4(1), 56-67.
Munandar, S. (2019). Mengembangkan kreativitas dan inovasi melalui pembelajaran abad ke-21. Jurnal Pendidikan LPPM UNY, 6(1), 1-12.
Daharjo, B. (2019). Pembelajaran konstruktivis. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Copyright (c) 2024 Raodatul Jannah, Hesti Heni Handayani, Wilayatul Ulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





