PENGENALAN TARI KREASI TRADISIONAL INAQ TEGINING AMAQ TEGANANG MELALUI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DI SDN 4 KURANJI UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKKAN SISWA

  • Baiq Luluh Juniarti Universitas Mataram
  • Yulia Hardiyanty Universitas Mataram
Keywords: Kampus Mengajar, Kesenian, Keseimbangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan siswa SDN 4 Kuranji dalam sebuah tim. Secara spesifik artikel ini menggunakan kegiatan pengabdian mahasiswa yang dilaksanakan di masyarakat dengan menggunakan metode demonstrasi yaitu suatu metode untuk menampilkan, memperagakan atau mempraktekkan sesuatu secara lansung untuk memberikan informasi secara jelas kepada peserta didik dan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik mengetahui tentang informasi tersebut. Dan diharapkan dapt membangun kerja sama antara satu peserta didik dengan peserta didik lainnya baik dalam sekolah maupun di luar sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan Tari Kreasi Inak Tegining Amak Teganang  merupakan bentuk tarian yang menggabungkan elemen tarian tradisional dan tarian moderan yang menghasilkan tatian baru yang unik. Dalam pelatihan tari kreasi ini siswa sudah memahami dasar-dasar tehnik dari tari pada awalnya dan mampu dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada pelatihan tari kreasi ini

References

Sekarningsih, Frahma – Agus Supriatna. (2006). Pendidikan Seni Tari dan Drama. Bandung. UPI PRESS
Astuti, F, dkk. 1997. Bahan Ajar Pendidikan Seni Tari dan Drama. Padang: IKIP-Padang
Sudarsono, 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari, Yokyakarta ASTI.
Sulistyo, E.T.2005.Kaji Dini Pendidikan Seni Tari.Surakarta Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) TiNS &UPT.
Published
2024-10-16
How to Cite
Baiq Luluh Juniarti, & Yulia Hardiyanty. (2024). PENGENALAN TARI KREASI TRADISIONAL INAQ TEGINING AMAQ TEGANANG MELALUI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DI SDN 4 KURANJI UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKKAN SISWA. Al-Mujahidah, 5(2), 151-155. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v5i2.153
Section
Articles