KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK SDN 1 MEREMBU
Abstract
SDN 1 Merembu terletak di desa Merembu, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, NTB berperan penting untuk memberikan pendidikan yang berkualitas. Meskipun terletak di pedesaan dan belum memiliki fasilitias yang memadai, SDN 1 Merembu termasuk sekolah yang cukup berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik. Proses pembelajaran di sekolah mengadopsi kurikulum 2013 dan kurikulm merdeka. Kendala yang dimiliki oleh sekolah adalah penataan ruang kelas yang belum merata, kurangnya pemberdayaan teknologi dan metode pembelajaran inovatif, serta tidak ada ekstrakurikuler akibat masyarakat yang kurang mendukung. Sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut sekaligus meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, mahasiswa kampus mengajar membuat program seperti kincir perkalian, media pembelajaran tata surya, dan poster edukatif.
References
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://journal.uin-alauddin.ac.id/
Bahrudin, B., Hidayat, S., & Hendrayana, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Memanfaatkan TIK untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2).
Csikszentmihalyi, M. (1996). Creativity: Flow and the Psychology of Discovery and Invention. New York: HarperCollins.
Guilford, J. P. (1950). Creativity. American Psychologist, 5(9), 444-454.
Harjasuganda, D. (2008). Pengembangan Konsep Diri Yang Positif Pada Siswa SD Sebagai Dampak Penerapan Umpan Balik (Feedback) Dalam Proses Pembelajaran Penjas. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8), 4-5.
Hasanah, N., & Suyadi, S. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/2760
Hidayat, R., & Suyadi, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 45-52.
Kusumaningtyas, D., & Prihatin, T. (2021). Efektivitas Kegiatan Seni dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(3), 307-319.
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Nurdin, M., & Putri, M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 155-165.
Rachmawati, Y., & Kurnia, D. (2018). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231-245.
Santosa, A., & Prasetyo, B. (2016). Pengembangan Kreativitas Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari. Jurnal Seni dan Pendidikan, 9(1), 88-97.
Sari, K. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/4107
Torrance, E. P. (1966). Torrance Tests of Creative Thinking: Norms-Technical Manual. Lexington, MA: Personnel Press.
Vygotsky, L. S. (2004). Imagination and Creativity in Childhood. Journal of Russian and East European Psychology, 42(1), 7-97.
Wahyuni, S., & Supriyadi, T. (2017). Pemanfaatan Barang Bekas untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 67-74.
YPI. (2022). Kurikulum Merdeka SD: Meningkatkan Kreativitas dan Karakter Anak Indonesia. https://ypi.ac.id/kurikulum-merdeka-sd-meningkatkan-kreativitas-dan-karakter-anak-indonesia
Copyright (c) 2024 Irmayani, Salwa Okta Sabila, Amanda Isnaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





