PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SDN 010139 PERKEBUNAN GUNUNG MELAYU

  • Mursal Aziz STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Dedi Sahputra Napitupulu STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Anggi Ariska STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
Keywords: Audio, Visual, Al-Qur'an

Abstract

Penetitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an anak. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 010139 Perkebunan Gunung Melayu. Studi ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media audio visual adalah sekitar 32% atau hanya 8 siswa dari 25 orang siswa yang tuntas. Peningkatan keterampilan baca tuis Al-Qur’an setelah diterapkannya media audio visual pada siklus I siswa yang tuntas sekitar 48% atau 12 orang, sedangkan yang 13 orangnya lagi belum tuntas. Setelah dilakukan siklus II siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 84% atau sekitar 21 orang siswa yang tuntas dan selebihnya 3 orang siswa yang belum tuntas atau 16%. Pada pra tindakan didapat 17 orang yang belum tuntas, pada siklus I turun menjadi 12 orang siswa yang tuntas, dan terakhir pada siklus II menjadi 4 orang siswa saja yang belum tuntas dari 25 orang keseluruhan siswa.

References

Aizid, U. R. (2016). Tartil al-Qur’an untuk Kecerdasan dan Kesehatanmu. Yogyakarta: Diva Press.
Akbar, F. (2019). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Siswa Kelas III DI SDN 69 Kabanta Kota Bima. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 3(1), 30-44.
Aprilinandra, R., Al Ghifari, M. R., & Kusuma, B. N. (2023, July). Komikisasi Tafsir (Arah Baru Tafsir Al Quran di Indonesia). In Proceeding International Conference on Quranic Studies.
Aziz, M., & Nasution, Z. (2020). Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al- Qur’an. Medan: CV. Pusdikra MJ.
Hambali, H., Rozi, F., & Farida, N. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 872-881.
Napitupulu, D. S. (2020). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama.
Napitupulu, D. S. (2020). Kapita Selekta Al-Qur’an dan Hadis Untuk Materi MI/MTs. Yogyakarta: Bildung.
Nurlisma, N. (2019). Implementasi Metode Tartil dan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Menghafal Dan Mengartikan Al-Quran. Jurnal AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 14(2).
Rizkiati, R., Nurtiani, A. T., & Muzakir, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B Di Paud Subulussalam Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2).
Sofiyah, S. (2019). Kecerdasan spiritual anak; dimensi, urgensi dan edukasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 219-237.
Supriono, I. A., & Rusdiani, A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Lptq Kabupaten Siak. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 54-64.
Syahid, A., & Wahyuni, A. (2019). Tren program tahfidz Al-Qur’an sebagai metode pendidikan anak. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87-96.
Wathon, A. (2019). Meningkatkan Tingkat Hapalan Melalui Pembelajaran Audio. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 1-16.
Winata, K. A., Fajrussalam, H., Syah, M., & Erihadiana, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Al- Qur’an melalui Guru Pendidikan Agama Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2).
Yani, A., Putra, H., Andika, A., Nisa, M. K., & Yunus, E. M. (2021). Studi perbandingan fitur-fitur aplikasi Al-Quran digital karya Greentech apps foundation dan aplikasi Al-Quran Muslim media untuk mengetahui perbedaan kedua fitur aplikasi. Jurnal Riset Agama, 1(3), 493-516.
Published
2024-10-16
How to Cite
Mursal Aziz, Napitupulu, D. S., & Anggi Ariska. (2024). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SDN 010139 PERKEBUNAN GUNUNG MELAYU. Al-Mujahidah, 5(2), 156-164. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v5i2.170
Section
Articles