PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SDN 010139 PERKEBUNAN GUNUNG MELAYU
Abstract
Penetitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an anak. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 010139 Perkebunan Gunung Melayu. Studi ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media audio visual adalah sekitar 32% atau hanya 8 siswa dari 25 orang siswa yang tuntas. Peningkatan keterampilan baca tuis Al-Qur’an setelah diterapkannya media audio visual pada siklus I siswa yang tuntas sekitar 48% atau 12 orang, sedangkan yang 13 orangnya lagi belum tuntas. Setelah dilakukan siklus II siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 84% atau sekitar 21 orang siswa yang tuntas dan selebihnya 3 orang siswa yang belum tuntas atau 16%. Pada pra tindakan didapat 17 orang yang belum tuntas, pada siklus I turun menjadi 12 orang siswa yang tuntas, dan terakhir pada siklus II menjadi 4 orang siswa saja yang belum tuntas dari 25 orang keseluruhan siswa.
References
Akbar, F. (2019). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Siswa Kelas III DI SDN 69 Kabanta Kota Bima. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 3(1), 30-44.
Aprilinandra, R., Al Ghifari, M. R., & Kusuma, B. N. (2023, July). Komikisasi Tafsir (Arah Baru Tafsir Al Quran di Indonesia). In Proceeding International Conference on Quranic Studies.
Aziz, M., & Nasution, Z. (2020). Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al- Qur’an. Medan: CV. Pusdikra MJ.
Hambali, H., Rozi, F., & Farida, N. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 872-881.
Napitupulu, D. S. (2020). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama.
Napitupulu, D. S. (2020). Kapita Selekta Al-Qur’an dan Hadis Untuk Materi MI/MTs. Yogyakarta: Bildung.
Nurlisma, N. (2019). Implementasi Metode Tartil dan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Menghafal Dan Mengartikan Al-Quran. Jurnal AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 14(2).
Rizkiati, R., Nurtiani, A. T., & Muzakir, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B Di Paud Subulussalam Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2).
Sofiyah, S. (2019). Kecerdasan spiritual anak; dimensi, urgensi dan edukasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 219-237.
Supriono, I. A., & Rusdiani, A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Lptq Kabupaten Siak. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 54-64.
Syahid, A., & Wahyuni, A. (2019). Tren program tahfidz Al-Qur’an sebagai metode pendidikan anak. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87-96.
Wathon, A. (2019). Meningkatkan Tingkat Hapalan Melalui Pembelajaran Audio. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 1-16.
Winata, K. A., Fajrussalam, H., Syah, M., & Erihadiana, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Al- Qur’an melalui Guru Pendidikan Agama Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2).
Yani, A., Putra, H., Andika, A., Nisa, M. K., & Yunus, E. M. (2021). Studi perbandingan fitur-fitur aplikasi Al-Quran digital karya Greentech apps foundation dan aplikasi Al-Quran Muslim media untuk mengetahui perbedaan kedua fitur aplikasi. Jurnal Riset Agama, 1(3), 493-516.
Copyright (c) 2024 Mursal Aziz, Dedi Sahputra Napitupulu, Anggi Ariska

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





