IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS II MI ALKHAIRAAT KOTA GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pelaksanaan, implementasi, dan faktor penghambat aktivitas belajar peserta didik dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada kelas II MI Alkhairat Kota Gotontalo. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif menjadi jenis pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka yaitu penyusunan rencana pembelajaran seperti modul, guru melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif belajar, guru juga harus menggunakan metode pembelajaran yang inovatif, guru menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran dan guru melakukan evaluasi dan refleksi terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar. Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar telah dilakukan oleh sekolah dan guru. Faktor penghambat yang dihadapi kurangnya dukungan dari orang tua dan masyarakat dalam hal pemahaman tentang kurikulum merdeka dan dukungan terhadap pembelajaran dirumah
References
Camellia, & Dianti, P. (2016). Bahan ajar pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) berbasis nilai-nilai karakter dalam membentuk sikap atau watak kewarganegaraan siswa (civic dispositions). Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 3, 14–15.
Dewantara, A. H. (2020). Pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(1), 1–10.
Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Sholihatin, E. (2013). Peran guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan karakter siswa. Jurnal PPKn UNJ Online, 2, 2.
Hasan, S. H. (2018). Pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 461–472.
Khoirunnisaa’, K. (2019). Manajemen kurikulum madrasah sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. *An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 6*(1), 71–83.
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian penelitian pendekatan kualitatif, metode penelitian sosial (p. XXXIII).
Mulyasa, E. (2017). Kurikulum berbasis kompetensi. Remaja Rosda Karya.
Nurgiyantoro, B. (2019). Penilaian pembelajaran berbasis kompetensi. BPFE-Yogyakarta.
Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.
Sekarwati, E., & Fauziati. (2021). Kurtilas dalam perspektif pendidikan progresivisme. *E-Jurnal Pendidikan dan Sains Lentera Arfak, 1*, 29–35.
Zamroni. (2020). Pengembangan kurikulum di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 45–56.
Copyright (c) 2025 Rahma Sarita Alhabsyi, Herson Anwar, Rinaldi Datunsolang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.