PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 2 AIKMEL TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan belajar mandiri pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan bahan ajar mandiri matematika kelas IV SD ini dilakukan melalui 4 (empat) tahapan yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) yang di yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah menggunakan bahan belajar mandiri pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan kualitas bahan belajar mandiri matematika termasuk dalam katgori baik, dimana kualitas produk yang dikembangkan dari segi materi memenuhi keriteria baik, dengan jumlah nilai 93 berada pada interval data 78,18< X ≤ 96,54, dari aspek tampilan kualitas produk yang dikembangkan memenuhi keriteria baik, dengan jumlah nilai 95 berada pada interval data 78,18< X ≤ 96,54. Hasil uji coba menunjukkan, pada uji coba terbatas dengan jumlah 15 orang siswa didapatkan rata-rata 78 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 64 dengan ketuntasan 100%, untuk uji coba skala besar 37 orang siswa dengan perolehan rata-rata 80,3 nilai tertinggi 95 nilai terendah 70 dengan ketuntasan 100%. Hasil disteribusi angket respon siswa setelah menggukan produk 92,2 %. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa dari hasil prolehan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan bahan belajar mandiri matematika mempunyai dampak yang baik bagi peningkatan hasil belajar siswa kelas.
References
Daryanto & Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media
Ihsan, F. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sikerok. 2015. Ranking Pendidikan Dunia Tahun 2015, Indonesia Ke Berapa?, (online), (http://www.sikerok.com/ranking-pendidikan-dunia-tahun-2015-indonesia-ke-berapa, diakses pada 12 Agustus 2020).
Surat Edaran Menteri Pendidikan No. 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. www.depdiknas.go.id (Diakses 28 April 2020).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007.. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta:Prestasi Pustaka.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Copyright (c) 2021 Muhammad Thalaat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





