PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MASA PANDEMI COVID 19

  • Lalu Muhammad Alwi SMP Negeri 1 Pringgasela
Keywords: Model Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran belajar mengajar pada materi Kehidupan Masyarakat Indonesia pada  Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama interaksi siswa dengan kelompoknya. Dengan menerapkan model Model Numbered Heads Together (NHT), hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung dengan kegiatan berkelompok tentang materi yang dibahas pada saat itu. Kualitas pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan Hasil belajar siswa.Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar Model Numbered Heads Together (NHT)  pada siswa kelas VII.6 SMPN 1 Pringgasela melalui model Model Numbered Heads Together (NHT). Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal  yaitu pada siklus I sebesar 70%, dapat meningkat menjadi 85 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Model Numbered Heads Together (NHT)  dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan ketuntasan mencapai 85% pada  Siklus II

References

BSNP. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: BSNP.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas, 2006. Permen Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.
Notoatmodjo, Soekidjo, 2008, Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-dasar Pendidikan.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Silberman, Melvin L. (2009). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Alih bahasa: Raisul Muttaqien). rev.ed. Bandung: Nusamedia.
Suharsimi Arikunto, et.al. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Ruhimat, Toto. Dkk, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Mulyani Sumantri dan Johar Permana. 1999. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Somantri, M. Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Solihatin, Etin. 2009. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Hakim, M. I., Walad, H. M., & Zulkifli, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(3), 80-95.
Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhadi. 2003. Pendekatan Konstekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
Published
2022-10-31
How to Cite
Lalu Muhammad Alwi. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MASA PANDEMI COVID 19. Al-Mujahidah, 3(2), 419-432. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v3i2.55
Section
Articles