About the Journal

Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal akademik, akses terbuka, dan peer-review yang berfokus pada studi kritis pendidikan dasar. Menyelidiki dinamika belajar siswa pada pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah (madrasah ibtidaiyah). Selain itu menitikberatkan pada pengembangan pengajaran pada pendidikan dasar.

Fokus dan ruang lingkup Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah;

  1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD)
  2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan Lokal di Pendidikan Dasar (MI/SD)
  3. Media dan Teknologi Instruksional dalam Pendidikan Dasar (MI/SD)
  4. Strategi Pembelajaran di Pendidikan Dasar (MI/SD)
  5. Kompetensi Guru Pendidikan Dasar (MI/SD)
  6. Penilaian di Pendidikan Dasar (MI/SD)
  7. Bimbingan Konseling di Pendidikan Dasar (MI/SD)
  8. Manajemen Berbasis Sekolah di Pendidikan Dasar (MI/SD)
  9. Penelitian Tindakan Kelas di Pendidikan Dasar (MI/SD)

Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan lombok Timur bekerjasama dengan Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan April dan Oktober serta telah memiliki nomor registrasi p-ISSN: 2774-3314 dan e-ISSN: 2775-0841 yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah telah terakreditasi SINTA 6 pada 13 Desember 2022 Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 204/E /KPT/2022