PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Misriatul Aulia Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muhammad Ramdani Nur Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muh. Thala'at Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Keywords: Peran Orang Tua, Hasil Belajar, Masa Pandemi

Abstract

Penelitan ini membahas peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI NW Boro’ Tumbuh. dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI NW Boro’ Tumbuh., 2) Permasalahan-permasalahan yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI NW Boro’ Tumbuh. penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan tehnik pengumpulan data 1) observasi 2) wawancara 3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI NW Boro’ Tumbuh ialah peran orang tua sangat dibutuhkan karena sebagian besar waktu anak berada di rumah apalagi masa pandemi COVID-19 ini, Sedangkan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI NW Boro’ Tumbuh dilihat hasil rapotnya berbeda-beda ada yang semakin meningkat dan ada yang menurun, semua itu tidak terlepas dari peran orang tua., 2) Hambatan yang dihadapi orang tua siswa pada masa pandemi COVID-19 di MI NW Boro’ Tumbuh. (a) keterbatasan prekonomian. (b) keterbatasan pengetahuan orang tua

References

Anggito, A & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Anisa. 2018. Pengaruh Tri Pusat Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Religious Peserta Didik di SD Islam As-Salam dan SD Islam Daarul Fikri. Tesis. UIN Mulana Malik Ibrahim Malang.
Bigupik, I. 2019. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Kepribadian Anak Di Desa Rena Lebar Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Skripsi. IAI Negeri Bengkulu.
Bugin, B. 2007. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Socia Lainnya. Jakarta: PT Prenada Media Group.
Chief. 2012. Online. ‘Fasilitator: Peran, fungsi, dan Teknik Komunikasi’. http://indosdm.com/fasilitator-peranan-fungsi-dan-teknik-komunikasi. (diakses tanggal 26 Juni 2021).
Darmadi, H. 2021. “Ruang Lingkup Hasil Belajar”, http://hamiddarmadi.blogspot.com/2011/11/ruang-lingkup-hasil-belajar.html?m=1 (diakses tanggal 30 Juli 2021).
Decade, R. online. ‘Pengertian Observasi.’ http://www.romandecade.org/pengertian-observasi/#!. (diakses 29 Juni 2021).
Djamarah, S. B. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: USAHA NASIONAL.
Hamdani. 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Cv Pustaka.
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrapindo Persada.
Indonesia, K. A., 2003. Online. ‘Tujuan Pendidikan Nasional Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003’. https://www.kai.or.id/berita/18532/tujuan-pendidikan-nasional-menurut-undang-undang-no-20-tahun-2003.html (diakses tanggal 03 Juli 2021).
Kurniawati. 2021. Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Paud Zakiah Akbar Kota Bengkulu. Skripsi. IAI Negeri Bengkulu.
Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mudiyanah. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Biografi Terhadap Hasil Belajar Siswa.Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Ningrum, L. K. 2019. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan. Skripsi. IAI Negeri Metro, Lampung.
Nur, M. R. 2015. Kekusan Wanita Karir Dalam Kehidupan Keluarga Pada Suku Sasak di Kecamatan Sikur. Tesis. UN Makasar.
Sardiman. 2017. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Prajagrafindo.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. rev.; Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: ALFABETA. CV.
Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja.
Utomo, J. B. 2021. Hubungan Antara Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar TIK SMA N 1 PURBALINGGA. Skripsi. UN Yogyakarta.
Yakin, H. H. (2021). EKSISTENSI GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 2 PRINGGASELA. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 90-106.
Zulkifli, M., & Wahida, W. A. (2022). DAMPAK TEKNOLOGI SMARTPHONE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP PERILAKU SISWA. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 201-212.
Zulkifli, M., & Zulfa, B. I. (2022). PENGARUH BROKEN HOME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI MA MUALLIMIN NW GUNUNG RAJAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam, 1(2), 350-358.
Published
2022-10-31
How to Cite
Misriatul Aulia, Muhammad Ramdani Nur, & Muh. Thala’at. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Mujahidah, 3(2), 411-418. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v3i2.54
Section
Articles