PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 7 LIMBOTO

  • Sindi S. Lihawa PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Munirah IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Zohrawati Hiola IAIN Sultan Amai Gorontalo
Keywords: Pembelajaran Ipas, Metode Card Sort, Motivasi dan Kreativitas Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran IPAS mengunakan metode card sort untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa kelas V di SDN 7 Limboto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran dikelasnya. Waktu dalam melaksanakan penelitian selama 1 bulan, tempat penelitian SDN 7 Limboto, subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas V SDN 7 Limboto, jumlah siswa tahun ajaran 2023-2024 sebanyak 10 siswa yang terdiri dari 3 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia dengan menggunakan metode card sort meningkat. Pada siklus I tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran belum juga tercapai, karena baru 40% siswa yang mendapat nilai diatas rata-rata. Siklus II tingkat penguasaan siswa terhadap pembelajaran sudah tercapai, karena telah mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode card sort dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa kelas V di SDN 7 Limboto.

References

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, ka saya izin menerbitkan artikel
Published
2025-04-25
How to Cite
Lihawa, S. S., Munirah, & Zohrawati Hiola. (2025). PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 7 LIMBOTO. Al-Mujahidah, 6(1), 50-59. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v6i1.222
Section
Articles