UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA POSTER MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 7 LIMBOTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar melalui media poster pada materi bagian tubuh tumbuhan pada siswa kelas IV SDN 7 limboto, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar setelah diterapkan media poster terhadap siswa kelas IV SDN 7 limboto. Media poster diharapakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dikelas IV SDN 7 limboto, dengan beberapa tahapan yang meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap observasi, dan (4) tahap refleksi. Subjek pada penlitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 16 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan media pembelajaran poster belum mencapai KKTP setelah diterapkan media pembelajaran poster hasil belajar siswa meningkat, dapat dilihat pada peningkatan ketuntasannya di pra siklus 25% meningkat di siklus I menjadi 44% dan di siklus II meningkat menjadi 81%. Dengan demikian, hasil belajar siswa dan analisis lembar observasi pengamatan meningkat kearah yang lebih baik dengan diterapkannya media pembelajaran poster.
References
Copyright (c) 2025 Karmila Iskandar, Raihan Kundji, Munirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.