PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTS MA’HAD AL ZAYTUN TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan latar pendidikan siswa yang berbeda-beda. Siswa yang berasal dari MI akan lebih banyak mempunyai waktu untuk mempelajari bahasa Arab, sedangkan yang berasal dari SD relatif lebih sedikit kesempatan untuk mempelajari bahasa Arab. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan siswa yang berasal dari SD akan lebih baik hasil belajarnya, mungkin mereka mempunyai kegiatan yang mendukung untuk memperoleh hasil belajar bahasa Arab yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang pendidikan dasar siswa kelas VII MTs Ma’had Al Zaytun, mengetahui hasil belajar bahasa Arab kelas VII MTs Ma’had Al Zaytun, dan mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dasar terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’had Al Zaytun. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Thitung sebesar 1,135 dan Ttabel sebesar 2,03224. Maka Thitung < Ttabel (1,135 < 2,03224), jadi Ho diterima dan Ha ditolak. Ini berarti bahwa variabel latar
References
Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pusta Karya.
Anni, CT. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.
Anwar, Khoirul. (2013). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Tarbiyah Kota Tangerang, Laporan Penelitian Dosen, Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyrofi, S. (2016). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Ombak
Depag RI. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kurikulum dan Hasil Belajar, Jakarta: TTP.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri & Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fazira, I. (2020). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X di MAN 5 Sleman Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia.
Harsono. (2011). Etnografi Pendidikan sebagai Desain Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
http://repository.uin.ac.id/436013/11.%20BAB%/20ll.pdf [diakses tanggal 20 Oktober 2021 15.40 WIB]
http://ledhyane.lecture.ub.ac.id/files/2013/04/tabel-t.pdf [diakses tanggal 27 April 2022 10.13 WIB]
Kementrian Agama RI. (2015). Madrasah Indonesia: Madrasah Prestasiku, Madrasah Pilihanku. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Maolani, R.A, Ucu cahyana. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet.1 Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mu’in, A. (2004). Analisis Konstrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru.
Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah. UIN-Maliki Press.
Mustafa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press.
Muslih Sani, Ahmad. (2005). Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Negeri Bangil Pasuruan: Studi Komparasi Siswa yang Berlatar Belakang MI dan SD [Skripsi] Sarjana Pendidikan Islam, Yogyakarta: Perpustakaan PPs. UIN Sunan Kalijaga
Nurhikmah. (2020). Pengaruh Latar Belakang Satuan Pendidikan Mahasiswa PBA terhadap Kemampuan Berbahasa Arab di IAI Muhammadiyah SINJAI [Skripsi]. Sinjai: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai.
Purwanto, MN. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, MN. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis & Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rasyidi, AW. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press.
Sadulloh, U. (2014). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Saepudin. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Teori dan Praktik. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Shubchan, M. A. (2020). Memahami Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik: Telaah Tentang Transfer dan Transformasi Belajar. 10.53947/perspekt.vli2.60.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soemanto, W. (1998). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Soyomukti. (2015). Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sismanto, Y. (1984). Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Mencerdaskan Bangsa. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Copyright (c) 2023 Muslimah Mujakiah, Moch. Hasyim Fanirin, Ahmad Asrof Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





