PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SUMBEREJO 01

  • Munayiroh Sekolah Dasar Negeri Sumberejo 01
Keywords: Think Pair Share, Hasil Pembelajaran IPA

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dan menjelaskan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Think Pair Share di Kelas V SDN Sumberejo 01. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V sebanyak 18 orang. Desain penelitian dilakukan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini terbukti dari adanya perbaikan proses pembelajaran serta perolehan nilai dan ketuntasan hasil belajar siswa pada tiap siklus Peningkatan rata-rata kelas dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 11 dan kenaikan ketuntasan belajar siswa 27%. Peningkatan rata-rata kelas dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9 dan kenaikan ketuntasan belajar siswa 17%. Hasil ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan. Dengan demikian, pelaksanaan tindakan siklus 2 dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas V SDN Sumberejo 01. Disarankan dalam pembelajaran IPA, hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan usia dan karakteristik siswa kelas V agar kegiatan pembelajaran lebih bervariasi, menyenangkan dan bermakna

References

Aunurrahman. (2009). Belajar Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro Vol. 5, No. 1, Maret 2009, hlm. 1-10.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mappeasse, M.Y. (2009). Pengaruh dan Cara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, Volume I, Nomor 2, Oktober 2009.
Solihatin, Etin. (2007). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Subyantoro. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Solo: Duta Publishing Indonesia.
Published
2021-10-30
How to Cite
Munayiroh. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SUMBEREJO 01. Al-Mujahidah, 2(2), 263-271. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v2i2.39
Section
Articles