KONSEP PEMIKIRAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI

  • Dea Wanda Milarahma Putri Pascasarjana UIN Suska Riau
  • Mila Alvionita Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru, Indonesia
  • Muhammad Riadhy Harly Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru, Indonesia
  • Muslim Afandi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru, Indonesia
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan, K.H Hasyim Asy’ari

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui konsep manajemen pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari melalui nilai-nilai yang dikembangkan K.H. Hasyim Asy’ari dan mengidentifikasi kecenderungan pemikiran K.H.Hasyim Asy’ari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian ibrary research. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari jurnal dan buku yang berkaitan dengan pengumpulan al-Qur'an. Metode pengumpulan data melibatkan pengumpulan data dari bacaan atau bahan kepustakaan yang relevan sesuai topik penelitian. .Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep manajemen pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari dengan pesantrennya dalam mengembangkan kurikulum hampir seluruhnya berorientasi pada pada kurikulum keagamaan (fiqh oriented) dan sistem pendidikan yang mempertahankan tradisi pada pengajaran kitab-kitab klasik. Keunikan KH. Hasyim Asy’ari dengan pesantrennya, dengan tradisi belajar-mengajar tradisional yang bersifat konvensional akan menghadapi realitas kemodernan yang menuntut segala macam bentuk perubahan, akan mampu menimbulkan gejolak yang bila tidak segera di atasi akan mengancam eksistensi pendidikan tradisional itu sendiri. KH. Hasyim Asy’ari, merupakan salah satu tokoh dengan konsep pemikiran manajemen Pendidikan yang senantiasa relate dengan kondisi saat ini. Pernyataan tersebut terbukti lewat karya-karyanya yang senantiasa digemari oleh banyak orang dan diambil inti sarinya untuk menyelesaikan ragam persoalan pendidikan

Referensi

Azizah, Nurul. 2023. “Pemikiran KH.Hasyim Asy’ari Tentang Konsep Pendidikan.” TA’LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1: 29.
Baso, Ahmad, K Ng H Agus Sunyoto, and Rijal Mummaziq. 2017. KH. Hasyim Asy’ari - Pengabdian Seorang Kyai Untuk Negeri. Edited by Tim Museum Kebangkitan Nasional. Museum Kebangkitan Nasional.
Fuadi, Moh. 2020. “Pemikiran K.H. Hasyim Asy’Ari Dalam Pendidikan Islam.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 5, no. 1: 31–41. https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i1.64.
Halid, Wildan. 2022. “Konsep Manajemen Pendidikan Islam.” Jurnal Mahasantri 3, no. 1: 596–607. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v4i2.491.
Iriansyah, Herinto Sidik. 2023. “Analisis Pemikiran Hasyim Asy’ari Dalam Optimalisasi Manajemen Pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. November: 2705–20. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5138.
Iriansyah, Herinto Sidik, Iswadi, and Muhyatun. 2023. “Analisis Pemikiran Hasyim Asy’ari Dalam Optimalisasi Manajemen Pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 04: 2705–20. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5138.
M. Rohinah, Noor. 2010. KH Hasyim Asy’Ari Memodernisasi NU Dan Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo Khazanah Islam.
Machali, Imam, and Noor Hamid. 2017. Pengantar Manajemen Pendidikan Islam (Perencanaan, Pengorganisasian, Dan Pengawasan Dalam Pengelolaan Pendidikan Islam). Edited by Hafid Aziz. Vol. 1. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
Nahar, Syamsu, and Suhendri. 2020. GUGUSAN IDE-IDE PENDIDIKAN ISLAM KH. HASYIM ASY’ARI. Edited by Abdul. Cet 1. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Ningsih, Indah Wahyu. 2019. “Konsep Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Ulama Nusantara: Study Pemikiran Kh. Hasyim Asy’Ari, Kh. Ahmad Dahlan Dan Buya Hamka.” Jurnal Tahsinia 1, no. 1: 101–7. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.46.
Olfah, Hamida. 2023. “Pemikiran Hasyim Asy’ari Tentang Pendidikan Islan.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 2, no. 11: 1275--1289.
Rafik, and Kaharuddin. 2023. “Metodologi Pendidikan Hasyim Asy’Ari (Nahdatul Ulama).” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 7, no. 1: 42–59. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1204.
Saifuddin, Ahmad. 2022. “Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an.” Intizam : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2. https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i2.785.
Sunanto. 2020. SANG KYAI: Sejarah Perjuangan Dan Peran Pendidikan Islam Hadratus Syaikh KH. Edited by Nasrudin. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Syaif, Arafik, and Rabiatun Adwiah. 2019a. “Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Hasan Al-Banna.” Murabby: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2: 189–202. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i2.669.
———. 2019b. “KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY’ARI.” Murabby: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2: 189–202. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i2.669.
Diterbitkan
2024-03-29
Bagian
Articles