ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GUTA (GAME ULAR TANGGA) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD

indonesia

  • Elin Julianti Universitas Mataram
Kata Kunci: Kata kunci: Ular tangga, Media Pembelajaran, AKM, Pretest, Postest.

Abstrak

Beberapa kesalahan yang terjadi pada proses pembelajaran yakni kurangnya efektif guru dalam menggunakan media pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran matematika menjadi membosankan dan tidak diminati oleh peserta didik. Maka disini perlunya penerapan media pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran matematika, seperti penggunaan media ular tangga dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendekripsikan penggunaan Media Ular Tangga dalam pembelajaran matematika. Metode Penelitian ini menggunakan  metode  deskriptif kualitatif dengan variabel dalam penelitian ini adalah ruang lingkup materi muatan pembelajaran matematika. Dokumen yang digunakan meliputi buku guru dan buku siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu Observasi, eksperimen dan teknik pretest-postest. Data hasil penelitian  ini kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berupa benda yakni media game ular tangga dan buku siswa pembelajaran matematika kelas 5 SD. Subjek penelitian dari informan adalah: Kepala Sekolah, Guru kelas 5 dan peserta didik kelas 5 dengan jumlah 30. Dengan hasil perskoran pretest 23% sebelum menggunakan media dan hasil  penskoran post test 50% setelah  menggunakan media, sehingga terdapat kenaikan hasil penskoran 27%.

Kata kunci: Ular tangga, Media Pembelajaran, AKM, Pretest, Postest.

Referensi

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 77-89.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Perasada.
Budi Ariyanto, Amalia Chamidah, Savitri S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 85-89.
Indonesia, UNDANG-UNDANG DASAR REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Bidang DIKBUD KBRI Tokyo
Karo-Karo , I R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom, 93.
Rohman M. G., & Susilo. P. H. (2019) Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus Di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 8(1).
Suciati, I. (2021) Metode Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. 4(1), 33-34.
Tafonao, T. (2018) Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 105.
Diterbitkan
2024-10-15
Bagian
Articles