PENERAPAN MEDIA PAPAN HITUNG (PAHIT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERMULAAN KELAS 2 DI SDN 22 AMPENAN

  • Nurvita Dwi Anjani Universitas Mataram

Abstrak

Alat peraga adalah suatu benda yang digunakan untuk membantu dalam proses penyampaian informasi, peragaan, alat pembelajaran, atau demonstrasi suatu konsep atau konsep-konsep tertentu. Pada artikel ini penulis akan menjelaskan salah satu alat peraga yaitu, Papan Hitung. Papan Hitung atau PAHIT merupakan alat peraga yang digunakan untuk menghitung materiĀ  perkalian berulang, pembagian, penjumlahan dan pengurangan, dengan menggunakan media papan hitung ini dapat melatih anak berpikir cepat dan lebih mudah dalam memahami konsep dari dari perkalian dan pembagian. Pada usia operasional konkret (7-11 tahun) umumnya anak usia sekolah dasar pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami matematika yang bersifat abstrak. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat memberikan solusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulisan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papan hitung sebagai media yang dapat membantu pemahaman peserta didik dalam menghitung permulaan dalam mata Pelajaran matematika. Melalui media papan perkalian ini, diharapkan peserta didik kelas II mampu berpikir aktif dalam memahami konsep perkalian dan pembagian agar peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
Kata Kunci : konsep hitung, media papan hitung, matematika.

Referensi

Sari, S. K., & Setia, B. (2023). Efektivitas Media Papan Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).
Marinda Progam Pascasarjana IAIN Jember Prodi PGMI, L. (n.d.). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR.

Rasyid Karo-Karo, I. S., Tetap Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN-SU Medan, D., Tetap Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK UIN-SU Medan, D., & Williem Iskandar Pasar Medan Estate, J. v. (n.d.). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh.

Fitri, A. (2023). Inovasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. In Karimah Tauhid (Vol. 2).

Hayati, R., & Karim, A. (n.d.). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR (Vol. 8739, Issue 1).

Hayati, R., Kartika, Y., & Wahyuni, R. (2023). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 5242. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17107

Hayati, R., Surya, E., Kartika, Y., & Karim, A. (n.d.). PENGGUNAAN LANGKAH POLYA UNTUK MENGANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SEKOLAH DASAR.
Diterbitkan
2024-10-15
Bagian
Articles