PENGGUNAAN ALAT PERAGA EDUKATIF LITERACY BOX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR

  • Shofiana Universitas Mataram

Abstrak

Literasi merupakan kemampuan peserta didik dalam memahami informasi yang berkaitan dengan membaca, menulis, menyimak, atau berbicara. Salah satu cara untuk meningkatkan literasi peserta didik adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbentuk alat peraga edukatif. Alat peraga edukatif merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai-nilai pendidikan (edukatif) yang dapat mengembangkan seluruh kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga edukatif literacy box sebagai media pembelajaran literasi di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga edukatif literacy box di sekolah dasar sangat efektif untuk mengembangkan kemampuan literasi peserta didik. Literacy box merupakan alat peraga edukatif yang berisi 4 macam media pembelajaran di dalamnya yaitu media menyusun abjad, media tarik garis, media urutkan huruf, dan roda baca. Penggunaan alat peraga edukatif dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik karena media pembelajaran ini berisi gambar dan huruf yang menarik perhatian peserta didik.

Referensi

Budiharto., dkk. 2018. Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan: Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1): 153-166.
Ginting, E. S. 2021. Penguatan Literasi Di Era Digital: Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) 3:35-38
Nasaruddin, R. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika: Al-Khwarizmi Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 3(2): 21-30
Nugrahani, R., & Rahina, R. 2009.
Media Pembelajaran Berbasis Visual

Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar: Lembaran Ilmu Kependidikan: 1-9
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umar, U., & Widodo, A. 2022. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Peserta Didik Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(1): 23-32.
Umayah., dkk. 2024. Penggunaan Alat Peraga Edukatif Dalam Kegiatan Literasi Numerasi: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Amin 2, no. 1.
Wahyuningsih, B. Y. 2020. Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa: Islamika 2(1): 85
Diterbitkan
2024-10-16
Bagian
Articles