PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKN DI SDN 4 CAKRANEGARA

  • Nurmekasari Universitas Mataram
  • Nuraihan Universitas Mataram
Kata Kunci: Media diorama, Motivasi, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di SDN 4 Cakranegara Kota Mataram. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 26 siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui dua siklus observasi, di mana siklus pertama menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran 90% dengan rata-rata hasil belajar 80,62 dan ketuntasan klasikal 88%, sedangkan siklus kedua mencatat keterlaksanaan 100% dengan rata-rata hasil belajar 88,90 dan ketuntasan klasikal 92%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media diorama secara signifikan meningkatkan interaksi dan pemahaman siswa terhadap materi tentang keberagaman budaya, seperti pakaian adat, makanan khas, dan bahasa daerah. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar.

Referensi

Cahyadi, F. (2017). Penerapan media diorama skala terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD Negeri 1 Ujungpandan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2).
Khasanah, L., Widodo, S. T., & Mardiyani, E. R. (2023). Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran PKn. Jurnal Basicedu, 7(6), 3753-3762.
Kisma, A. D., Fakhriyah, F., & Purbasari, I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Diorama untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas IV SD Negeri 2 Hadipolo. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 635-642.
Wardika, I. W. G., & Putra, I. P. S. A. (2021). Use of the google classroom app in an effort to improve student learning outcomes on matrix subjects. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 8-16.
Diterbitkan
2024-10-16
Bagian
Articles