PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI MI NW BAGIK NYALA

  • Indana Zulfa IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Helmi Najamudin IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Hilyatuzzohrah Muhsin IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Abstrak

Salah satu karakter yang menjadi pilar bangsa Indonesia adalah karakter religius. Disekolah pendidikan karakter religius diimplementasikan melalui budaya sekolah. Budaya sekolah merupakan langkah untuk melatih siswa melalui pembiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang. Salah satu sekolah yang telah melaksanakan pendidikan karakter religius yaitu nilai ibadah dan akhlak melalui budaya sekolah  adalah MI NW Bagik Nyala. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat masalah, permasalahan yang terjadi seperti sikap kurang disiplin siswa saat melaksanakan program budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman karakter  religius siswa kelas v melalui budaya sekolah di MI NW Bagik Nyala. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di MI NW Bagik Nyala meliputi budaya ide, budaya perilaku, dan  budaya artefak di wujud nilai ibadah dan akhlak. Strategi yang digunakan dalam melaksanakan pendidikan karakter religius pada nilai ibadah dan akhlak yaitu pembiasaan, peneladanan, pemberian motivasi, dan hukuman. Adapun masalah pada pendidikan karakter di MI NW Bagik Nyala berasal dari internal siswa sendiri yaitu kurangnya kesadaran diri untuk melaksanakan program budaya sekolah.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa karakter religius bisa dibentuk melalui budaya sekolah jika didukung dengan upaya dan strategi yang tepat. Akan tetapi masalah-masalah yang ditemukan saat pelaksanaan penanaman karakter religius tidak dapat dihindari sehingga keterlibatan kepala sekolah dan guru sangat diperlukan di dalam kegiatan penanaman karakter religius melalui budaya sekolah.

Referensi

Anidar Dkk. “Analisis Nilai Religius Dalam Hikayat Kisah Rajab Siti ‘Abida”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pbsi , 2 (3) (Juli 2017),

Aulia, A. J. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah Di SDIT Iqra 2 Kota Bengkulu (Doctoral Dissertation, Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Azmi, M. U. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius Di Madrasah. Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam & Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-12.

Eva, M. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, 2 (02), 86–96.

Farida, N. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Solo: Cakra Books, 1(1).

Indarti, D. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah Di Sdit Jabal Nur Gamping. Basic Education, 7(33), 3-271.

Jusniati, J., Mualimah, M., & Basarang, M. I. (2022). Hakikat Manajemen Strategi Pendidikan Islam. Iqra: Jurnal Magister Pendidikan Islam, 2(02), 174-180.
Lestari, F. A. (2020). Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI melalui Kegiatan Keagamaan Harian di SMKN 1 Jenangan Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif Di Sekolah. Academia Publication.

Purnomo, S. (2014). Pendidikan Karakter Di Indonesia: Antara Asa Dan Realita. Jurnal Kependidikan, 2(2), 66-84.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius Pada Anak Melalui Peran Keluarga. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293-308.

Sholeh, M. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Budaya Religius Di Sekolah (Studi Di Sd Lpi Zumrotus Salamah Tulungagung). Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 129-150.

Susilo, F., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1919-1929.

Widodo, H. (2018). Budaya Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Bodon Bantul Yogyakarta). Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 1-18.

Zuriah, N., & Yustianti, F. (2007). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual Dan Futu
Diterbitkan
2024-08-25
Bagian
Articles