URGENSI BIMBINGAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELUARGA PETANI (STUDI PADA DUA MI DI DESA BAGIK PAYUNG)

  • Bisyrulhafy IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Saharudin IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Siti Rapipah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Abstrak

Penelitian ini mengkaji urgensi bimbingan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada keluarga petani, khususnya pada dua Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Desa Bagik Payung. Keluarga petani sering menghadapi tantangan ekonomi dan pendidikan yang mempengaruhi motivasi belajar anak-anak mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran bimbingan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di lingkungan keluarga petani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orang tua memiliki peran signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Orang tua yang aktif membimbing anak-anak mereka, meskipun dengan keterbatasan sumber daya, mampu mendorong anak-anak untuk berprestasi lebih baik di sekolah. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak-anak, terutama di kalangan keluarga petani. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi bagi sekolah dan pemerintah untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan guna mendukung motivasi belajar peserta didik.

Referensi

Atsani, L. G. M. Z., & Nasri, U. (2021). Declaration Of Understanding Radicalism To Islam (Critical Analysis of Islamic Religious Educational Materials in Response to Allegations of Understanding Radicalism to Muslims). Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 4(3), 401–415. https://doi.org/10.37329/kamaya.v4i3.1411
Atsani, L. G. M. Z., & Nasri, U. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukkan Karakter Peserta Didik. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 95–111.
Atsani, L. G. M. Z., Nasri, U., Walad, M., & Nurdiah, N. (2023). Management of the Nahdlatul Wathan Lombok Qur’an Home Education Strategy in Creating Qur’anic Generations. Al Hikmah: Journal of Education, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.54168/ahje.v4i1.150
Atsani, L. G. M. Z., Nasri, U., Walad, M., Yakin, H., & Zulkifli, Muh. (2023). Moral Education in Wasiat Renungan Masa by TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: An Examination of Ibn Miskawaih’s Philosophy. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1936–1944. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1600
Barrett, D., & Twycross, A. (2018). Data collection in qualitative research. Evidence Based Nursing, 21(3), 63–64. https://doi.org/10.1136/eb-2018-102939
Cissé, A., & Rasmussen, A. (2022). Qualitative Methods. In Comprehensive Clinical Psychology (pp. 91–103). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818697-8.00216-8
Gill, P., Stewart, K., Treasure, E., & Chadwick, B. (2008). Methods of data collection in qualitative research: Interviews and focus groups. British Dental Journal, 204(6), 291–295. https://doi.org/10.1038/bdj.2008.192
Hashimov, E. (2015). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding Manual for Qualitative Researchers: Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2014. 381 pp. Johnny Saldaña. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2013. 303 pp. Technical Communication Quarterly, 24(1), 109–112. https://doi.org/10.1080/10572252.2015.975966
Jinan, M. R., Syapiuddin, M., & Nasri, U. (2024). Holistic Integration: Syariah Finance Principles in Islamic Education Management. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1343–1350. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2243
Luo, J., & Chan, C. K. Y. (2022). Qualitative methods to assess intercultural competence in higher education research: A systematic review with practical implications. Educational Research Review, 37, 100476. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100476
Mihas, P. (2023). Qualitative research methods: Approaches to qualitative data analysis. In International Encyclopedia of Education(Fourth Edition) (pp. 302–313). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.11029-2
Moser, A., & Korstjens, I. (2018). Series: Practical guidance to qualitative research. Part 3: Sampling, data collection and analysis. European Journal of General Practice, 24(1), 9–18. https://doi.org/10.1080/13814788.2017.1375091
Muliadi, E., & Nasri, U. (2023). Future-Oriented Education: The Contribution of Educational Philosophy in Facing Global Challenges. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2420–2427. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1807
Nasirin, Nurdiah, & Nasri, U. (2023). Implementation of The Immersion Method in Arabic Language Learning at Madrasah Aliyah Cendekia Ruwaq Al-Azhar As-Syarif Pandan Duri, East Lombok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1292–1299. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.2450
Nasri, U. (2016a). Menjemput Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu. Semesta Ilmu.
Nasri, U. (2016b). Menziarahi Filsafat: Sebuah Pengantar Filsafat Umum. Semesta Ilmu.
Nasri, U. (2017). Bersahabat Dengan Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu. CV. Haramain Lombok.
Nasri, U. (2019a). Ngaji Bareng Filosof: Sebuah Pengantar Filsafat Umum. CV. Haramain Lombok.
Nasri, U. (2019b). Philosophy is Mother of Science: Pengantar Filsafat. CV. Haramain Lombok.
Nasri, U. (2023a). Exploring Qualitative Research: A Comprehensive Guide to Case Study Methodology. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 4(3), 72–85.
Nasri, U. (2023b). Philosophy of Education. CV. Haramain Lombok.
Nasri, U. (2024). Rethinking Religious Moderation: Revitalisasi Konsep Manusia Perspektif Filsafat Pendidikan Islam dalam Konteks Multikultural. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 213–220. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1655
Nasri, U., & Indinabila, Y. (2024). Community Engagement: Meningkatkan Kesadaran tentang Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone di Kalangan Siswa SMA NW Syaikh Zainuddin Anjani, Lombok Timur, NTB. Jurnal Masyarakat Merdeka (JMM), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.51213/jmm.v7i1.149
Nasri, U., Nuha, U., & Nabila, Y. (2024). Literature Review And Practical Guide: Bibliographic Research Method In The Formation Of Conceptual Framework. BIMSALABIM: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 10–16.
Ozegin, K. O., & Ilugbo, S. O. (2024). A triangulation approach for groundwater potential evaluation using geospatial technology and multi-criteria decision analysis (MCDA) in Edo State, Nigeria. Journal of African Earth Sciences, 209, 105101. https://doi.org/10.1016/j.jafrearsci.2023.105101
Ritter, C., Koralesky, K. E., Saraceni, J., Roche, S., Vaarst, M., & Kelton, D. (2023). Invited review: Qualitative research in dairy science—A narrative review. Journal of Dairy Science, 106(9), 5880–5895. https://doi.org/10.3168/jds.2022-23125
Rulyandi, Hafiz, H. S., Haris, A., & Nasri, U. (2024). Indonesian Language Education as an Agent of Social Change: Sociological and Religious Approaches. Scholars International Journal of Linguistics and Literature, 7(3), 67–72. https://doi.org/10.36348/sijll.2024.v07i03.001
Rulyandi, R., & Nasri, U. (2023). Building Motivation for Learning Indonesian Language: Psychological and Social Strategies. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1998–2003. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.2107
Schwandt, T. A. (2021). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. Evaluation and Program Planning, 9(2), 184–187. https://doi.org/10.1016/0149-7189(86)90041-8
Walad, M., Suastra, W., Nasri, U., & Manap, A. (2024). Independent Curriculum Analysis from Constructivism and Ki Hajar Dewantara Philosophy Perspective. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 221–228. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1915
Diterbitkan
2024-08-25
Bagian
Articles