EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V

  • Yohanes Dewa Aji Pangestu Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Kata Kunci: Berfikir Kritis, Project Based Learning, Discovery Learning

Abstrak

Penelitian-penelitian terdahulu menyatakan model pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) tingkat efektivitas model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) tingkat perbedaan efektivitas model Project Based Learning dan model Discovery Learning  terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode meta analisis. Perumusan masalah dimulai pendahuluan penelitian, kemudian dilanjutkan dengan menguji hasil penelitian yang relevan. Pengumpulan data berupa artikel dan jurnal elektronik dilakukan dengan bantuan Google Scholar. Hasil pencarian diperoleh sebanyak 20, jurnal elektronik Google Scholar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, berlanjut pada uji paired samples t-test, dan dilakukan penghitungan effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Hasil analisa data menunjukan bahwa efektifitas model Project Based Learning dapat meningkatkan berfikir kritis siswa dilihat nilai mean post (14,60) > mean pre (12,15). Hasil penelitian model Discovery Learning menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan kecakapan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil nilai mean pre (20,89) < mean post (25,51). Hal tersebut dibuktikan besarnya nilai effect size (d) kedua model >0,8 (project base learning= 2,0; discovery learning= 1,3) artinya tidak ada perbedaan pengaruh pada kedua model tersebut.

Diterbitkan
2021-04-25
Bagian
Articles