PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI NW NO. 1 BORO’ TUMBUH

  • Fitriatun Marliana IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelas V MI NW No. 1 Boro’ Tumbuh, mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan media tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development (R&D) atau penelitian menggunakan pengembangan model Dick & Carry dengan menggunakan 5 tahap pengembangan yaitu model ADDIE (analisis, desain, development, implementasi, evaluation). Penelitian dilakukan di kelas V MI NW No. 1 Boro’ Tumbuh dengan 21 siswa. Media pembelajaran video animasi dibuat menggunakan aplikasi Kinemaster. Kevalidan produk yang dikembangkan dilihat dari hasil validasi dengan mengunakan lembar validasi tim ahli, respon guru dan siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh dengan menggunakan skala Likert, hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan oleh peneliti sangat valid, dengan hasil dari validasi tim ahli mendapat skor 88,88% dengan kriteria sangat valid, respon guru mendapat skor 78,33% dengan kriteria valid, dan respon siswa mendapat skor 89,88% dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian media pembelajaran video animasi layak digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran di kelas V MI NW No. 1 Boro’ Tumbuh.

Referensi

Achmad, A. Z. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Media and Communication Science (Jcommsci), 4(2), 54-67.
Afandi & Rifki. (2015). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 78-89.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586-595.
Fauziyyah, Z. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas III SDN Merjosari 2 Malang. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mais, A. 2016. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV Pustaka Abadi.
Marlina, et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Musfah, J. 2017. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Pangestu, M. D., & Wafa, A. A, Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), (2018), h. 71–79.
Rusdiana et al. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. Bandung: Pustaka Setia.
Sari, I. N. D. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tingkat SD/MI. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Sufriyani. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Authorware 7.0 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SMPN 4 Seunagan. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and 89 Development. Bandung: Alfabeta.
Tifani, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada Materi Minyak Bumi di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Skripsi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Diterbitkan
2022-10-31
Bagian
Articles