Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat

  • Lalu Fauzi Haryadi Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Agama Islam
  • Safinah Safinah Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Agama Islam
Keywords: Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplin guru pada masa pandemik covid-19 dan bagaimana kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplin guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplin guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Adapun wawancara dilakukan dengan metode wawancara terstruktur kepada narasumber yaitu guru dan kepala sekolah, observasi untuk melihat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh guru sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat sudah cukup baik namun masih tetap perlu diadakan upaya peningkatan karena berbagai pelanggaran tata tertib guru/protocol kesehatan kerap kali terjadi. Sedangkan faktor pendukung kepala sekolah yakni prasarana sekolah, peraturan sekolah yang akuntabel, dan lingkungan sekolah.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Anas purwantoro, “Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa MTSN Ngemplak, Sleman, Yogyakarta”, dalam http://library.um.ac.id/ ptk/index.phpmod=detail&id=40938
Amalia, A., & Sa’adah, N. (2021). DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572
Andriyani, S. (2013). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menumbuhkan kedisiplinan guru dan karyawan di SMK Negeri 1 Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/30670/Peran-kepemimpinan-kepala-sekolah-dalam-menumbuhkan-kedisiplinan-guru-dan-karyawan-di-SMK-Negeri-1-Surakarta
Devi, R. S., Sulistiani, I. R., & Sulistiono, M. (2019). Upaya Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di SMP Islam Al Ma’arif 02 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(6), 124–132.
Fitrah, M. (2017). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73
Juliana, (2014) Upaya Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Bidang Studi IPS Ekonomi, Skripsi, IAIN Mataram, Mataram,.
Kusuma, Atmajaya, “Peran Seorang Kepala Sekolah di Dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Kerajinan Guru Bantunya di Sekolah Dasar”, Dalam http//one.indoskripsi.com.
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik dan Implementasi), Bandung : Remaja Rosda Karya, 2006.
Nashir, A. (2016). PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.349
Sri Purwanti, (2013) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru dan Pegawai Di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur Ejournal administrasi negara, 210-224.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sumbana dan Sudrajat, (2005), Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Bandung :CV Pustaka Setia
Uriatman, M. (2015). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan, 9(6), 270940.
Yani, H. (2014). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembiasaan Beragama dan Berbudi Pekerti Siswa. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 168–193. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.168-193
Yuliandri, J., & Kristiawan, M. (2017). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 0, Article 0. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1057
Published
2021-08-20
How to Cite
Lalu Fauzi Haryadi, & Safinah, S. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19-27. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.10
Section
Articles