PENGARUH SISTEM ZONASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 AKABILURU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kebijakan zonasi SMAN 1 Akabiluru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan strategi random sampling untuk melakukan analisis regresi kuantitatif dengan menggunakan populasi sebanyak 151 siswa dan desain sampel penelitian sebanyak 30 orang. Versi 26 dari Statiscal Product and Service Solution (SPSS) digunakan dalam metode pengolahan data. Temuan penelitian dan analisis menunjukkan bahwa siswa dalam sistem zonasi 17 memiliki tingkat pengaruh sistem zonasi yang tinggi yaitu 56,7%. 12 siswa memiliki persentasi 40% dengan pengaruh sistem zonasi yang sedang dan 1 siswa memiliki persentasi 3,3% dengan pengaruh sistem zonasi yang rendah. Begitupun dengan motivasi belajar diketahui 10 siswa memiliki persentasi 33,3% Dua puluh siswa mempunyai proporsi motivasi belajar sedang sebesar 66,6% dibandingkan dengan persentase motivasi belajar tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem zonasi berpengaruh signifikan terhadap keinginan belajar siswa karena nilai F sebesar 4,771 pada taraf signifikansi 0,037 0,05, nilai sig kurang dari 0,05, dan H0 ditolak. Sistem zonasi mempunyai pengaruh sebesar 14,6% terhadap keinginan belajar siswa yang diukur dengan nilai R Squared sebesar 0,146. Mengingat siswa tidak dapat memilih sekolah pilihan mereka berdasarkan skema zonasi yang berlaku saat ini, maka kebijakan zonasi mungkin berdampak pada kemauan siswa untuk belajar.
References
Akhyar, M., Batubara, J., & Deliani, N. (2024). The central role of the Quran in the development of the Islamic educational paradigm. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 9(1), 25–38.
Akhyar, M., Deliani, N., Batubara, J., & Gusli, R. A. (2023). Studi Analisis Pendidikan Budaya Alam Minangkabau Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Dasar. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 193–206.
Arikunto, S. (2000). Manajemen Penelitian, Cet. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Baharuddin, M. (2007). Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori, dan Aplikasi Praktis dalam Dunia Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Binti, Maunah, 2009. Landasan Pendidikan, Yogyakarta: Teras.
Hasanah, A., Deswalantri, D., Iswantir, I., & Syam, H. (2022). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsS Bai’aturridhwan Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11245–11254.
Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi belajar-mengajar. Syiah Kuala University Press.
Mubarok, M. R. (2020). Pengaruh Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Pancasakti Tegal.
Ngalim, P. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Ningrum, M. A. (2022). PENERAPAN SISTEM ZONASI KEBIJAKAN BARU BERDASARKAN PERSPEKTIF ORANGTUA SEBAGAI UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 932–940.
Pendidikan, K., & Kebudayaan, R. I. (2017). Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2016-2017. Jakarta: Sekretariat Jenderal Pusat Data Dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan.
Pradewi, G. I., & Rukiyati, R. (2019). Kebijakan sistem zonasi dalam perspektif pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 28–34.
Pratama, I. P. A., & Suardita, K. (2023). HAK ATAS PENDIDIKAN DALAM SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS ZONASI DI INDONESIA. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 9(2), 184–193.
Raharjo, S. B., Yufridawati, Y., Purnama, J., & Irmawati, A. (2020). Penerimaan peserta didik baru berdasarkan zonasi pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan.
Setiani, A., Priansa, D. J., & Kasmanah, A. (2015). Manajemen peserta didik dan model pembelajaran cerdas, kreatif, dan inovatif.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS.
Sriwahyuni, D. (2022). Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi Terhadap Disiplin Siswa di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Copyright (c) 2024 Putri Nilam Sari, Sri Hartati, Yeni Afrida, Intan Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.