PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN RASULULLAH SAW DALAM MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM

  • Iqbal Anas Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan Rasulullah SAW dalam manajemen sekolah Islam. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di beberapa sekolah Islam di Indonesia. Hasil penelitian mengidentifikasi lima prinsip utama kepemimpinan Rasulullah SAW yang diterapkan dalam manajemen sekolah Islam: kejujuran dan integritas, keadilan dan kesetaraan, empati dan kasih sayang, komunikasi efektif, dan pengambilan keputusan berbasis musyawarah. Implementasi prinsip-prinsip ini menunjukkan dampak positif terhadap budaya organisasi, motivasi kerja, dan kepuasan guru serta staf.  Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan dalam penerapan prinsip-prinsip tersebut, termasuk resistensi terhadap perubahan dan kurangnya pemahaman mendalam tentang konsep kepemimpinan Islam. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pelatihan dan pengembangan berkelanjutan untuk kepala sekolah dan manajemen sekolah dalam menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan Rasulullah SAW secara lebih efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur manajemen pendidikan Islam dan menawarkan panduan praktis bagi para pemimpin sekolah Islam untuk meningkatkan kualitas manajemen mereka melalui penerapan nilai-nilai kepemimpinan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

References

Hakim, L. (2017). Komunikasi Efektif dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 5(2), 123-134.
Rahman, F. (2020). Empati dan Kasih Sayang dalam Kepemimpinan Rasulullah SAW: Implikasinya pada Manajemen Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 67-80.
Yusuf, I. (2018). Kejujuran dan Integritas dalam Kepemimpinan Rasulullah SAW: Relevansi bagi Manajemen Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45-58.
Bryk, A. S., & Schneider, B. (2002). Trust in schools: A core resource for improvement. Russell Sage Foundation.
Covey, S. R. (2006). The 8th habit: From effectiveness to greatness. Free Press.
Deal, T. E., & Peterson, K. D. (2016). Shaping school culture. Jossey-Bass.
Fullan, M. (2014). Leading in a culture of change. Jossey-Bass.
Leithwood, K., Harris, A., & Hopkins, D. (2020). Seven strong claims about successful school leadership revisited. School Leadership & Management, 40(1), 5-22.
Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory and practice (8th ed.). Sage Publications.
Sergiovanni, T. J. (2015). The principalship: A reflective practice perspective. Pearson.
Hasan, H. (2020). Kepemimpinan Rasulullah SAW dalam Perspektif Manajemen Kontemporer. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 8(1), 45-57.
Hidayat, A. (2021). Kepemimpinan Pelayan dalam Perspektif Islam: Studi Kasus Rasulullah SAW. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 103-115.
Junaidi, D. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Implementasi Mbs Pada Pesantren Di Kabupaten Agam. ISLAM TRANSFORMATIF : Journal of Islamic Studies, 2(1), 47. https://doi.org/10.30983/it.v2i1.437
Rofifah, I. R., & Sukataman, S. (2023). Kepemimpinan Pendidikan pada Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). … Jurnal Manajemen …. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/1161
Nasution, A. (2019). Moralitas dalam Kepemimpinan Rasulullah SAW: Telaah Hadis-Hadis Nabawi. Jurnal Hadis dan Studi Islam, 7(1), 23-36.
Siregar, M. (2018). Prinsip Musyawarah dalam Kepemimpinan Rasulullah SAW dan Implikasinya dalam Organisasi Modern. Jurnal Pemikiran Islam, 10(2), 89-102.
Hidayat, A. (2021). Kepemimpinan Pelayan dalam Perspektif Islam: Studi Kasus Rasulullah SAW. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 103-115.
Mahmud, M. (2021). Implementasi Prinsip Musyawarah dalam Manajemen Sekolah Islam. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 9(1), 55-66.
Siregar, M. (2019). Keadilan dan Kesetaraan dalam Kepemimpinan Rasulullah SAW: Studi Kasus Manajemen Sekolah. Jurnal Studi Islam, 11(2), 87-98.
Mawardi, M. (2020). Kepemimpinan dalam Islam: Telaah Konsep dan Implementasi. Jurnal Studi Islam, 12(1), 33-45.
Nasution, A. (2019). Moralitas dalam Kepemimpinan Rasulullah SAW: Telaah Hadis-Hadis Nabawi. Jurnal Hadis dan Studi Islam, 7(1), 23-36.
Published
2024-08-31
How to Cite
Iqbal Anas, Junaidi, Supriadi, & Supriadi. (2024). PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KEPEMIMPINAN RASULULLAH SAW DALAM MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 263-275. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.179
Section
Articles