PENDIDIKAN ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SOSIAL KEAGAMAAN DI DESA CIPANAS KABUPATEN LEBAK
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menggali pendidikan Islam di Masyarakat dalam upaya mensosialisasikan ajaran-ajaran Islam, kerena pendidikan berkepentingan untuk menginternalisasikan nilai iman, takwa dan moral. Supaya masyarakat memiliki komitmen religius dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk beramal dan berkarya yang pada gilirannya melahirkan budaya yang agamis. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan enografi yang disadari untuk memahami berbagai peristiwa yang terjadi dalam masyarakat. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan yaitu warga desa Cipanas berjumlah tiga orang terkait dengan nilai pendidikan Islam dan implikasinya terhadap sosial keagamaan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer terdiri dari hasil wawancara, buku, jurnal dan data yang relevan terkait pendidikan islam dan implikasinya terhadap sosial keagamaan di Desa Cipanas. Sedangkan data sekunder berupa arsip, poto yang tidak langsung berkaitan dengan tema penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Pendidikan Islam mengajarkan nilai-nilai moral dan etika yang kuat, seperti kejujuran, keadilan, kasih sayang, dan belas kasihan. Hal ini mempengaruhi perilaku masyarakat untuk membentuk karakter yang baik, dan menciptakan masyarakat yang harmonis. Urgensinya dapat menumbuhkan kekeluargaan dan meningkatkan nilai spiritual dalam pergaulan masyarakat.
References
Daulai, Afrahul Fadilah. 2017. Tanggung Jawab Pendidikan Islam. -Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling | 93Vol. 7, NO. 2, Edisi Juli-Desember.
Imron, Ali. Pandangan Islam Tentang Akhlak Dan Perubahan Serta Konseptualisasinya Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Studi Islam. ISSN (print) : 1412-7075|| ISSN (online) : 2615-4811.
Mutaqin, Mumu Zainal, Solihin, Bambang Samsul Arifin. 2022. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ptkis. Alim | Journal of Islamic Educatioan. Volume 4 (2), 2022. ISSN 2686-0767 | EISSN 2685-7595.
Mutaqin, Mumu Zainal Nurwadjah Ahmad, Andewi Suhartini. 2021. Tanggung Jawab Pendidik Dan Implikasinya Terhadap Lingkungan Pendidikan Islam. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman P-ISSN: 1907-2333 E-ISSN: 2685-9211 Volume 11 Nomor 2, Desember 2021, h. 143 – 162
Mujiburrahman. (2006). Islam dan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Press.
Mahmudin, Afif Syaiful. 2018. Pendidikan Islam Dan Kesadaran Pluralisme. Ta‘Limuna, Vol. 7, No. 1, Maret 2018-ISSN 2085-2975.
Masykur Arif. 2015. Islam Dan Persaudaraan Antaragama: Dari Kesadaran Individu Menuju Kesadaran Sosial. ’Anil Islam Vol. 8. Nomor 2, Desember.
Niken Ristianah.2020. Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Darajat: Jurnal PAI Volume 3 Nomor 1 Maret.
Rahmadania, Sinta. Achmad Junaedi Sitika, Astuti Darmayanti. 2021. Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat. Jurnal Edumaspul, 5 ( 2).
Rahardjo, Dawam. (2002). Sosiologi Agama: Pluralisme, Multikulturalisme dan Masa Depan Umat Beragama. Jakarta: LKiS.
Sada, Heru Juabdin. 2017. Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No I. P. ISSN: 20869118.
Umar, Mardan. 2018. Pembinaan Kedamaian Hidup Beragama Melalui Optimalisasi Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah Iqra.
Wahid, Abd. Hamid, Chusnul Muali, Arofah Aprilia Putri. 2018. Rekonstruksi Pendidikan Islam Kontemporer Dalam Perspektif Transformasi Sosial. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 7, No. 1, Januari – Juni.
Yudhita Omayra. 2021. Paradigma Kepemimpinan Islam Sebagai Rahmatal Lil ‘Alamin Dalam Dunia Pendidikan Islam Dan Sosial Kemasyarakatan. Bina Ummat | Vol 4 | No. 1.
Zulmaron,M Naoupal, Sri Aliyah. 2017. Peran Sosial Keagamaan Remaja Masjid Di Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning Palembang. JSA Vol 1 No 1.
Copyright (c) 2024 Mumu Zainal Mutaqin mumu Zm

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.