KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS AL-MAHMUD AIK AMPAT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah MTs Al-Mahmud Aik Ampat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik studi kasus. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kinerja di MTs Al-Mahmud Aik Ampat, bahwa kepemimpinan partisipatif mampu meningkatkan kinerja guru yang meliputi pembuatan rencana pembelajaran dengan baik adanya kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kreatifitas dan komunikasi yang ditunjukkan oleh kepala sekolah menciptakan susasana lingkungan kerja yang lebih bersemangat. Sikap kepemimpinan kepala sekolah yang di gambarkan dari kepribadiannya yang selalu ikut serta dalam setiap keadaan sekolah. Kepala sekolah lebih terlibat dalam mengelola kehadiran guru, merencanakan pembelajaran, mendelagasikan pekerjaanya dan berkomunikasi dengan baik kepada bawahannya. Peningkatan kinerja guru juga di buktikan dengan kemampuan guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan menjaga hubungan antar pribadi, kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar, kemampuan pelaksanaan pengayaan, dan kemampuan melaksanakan remedial.
References
Ashoumi, Hilyah. (2017). Jurnal Al-Idaroh: “Pendayagunaan Media Pembelajaran Untuk Memaksimalkan Kompetensi PAI”, Vol. 1 No. 2.
Azharuddin, Peran Dan Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru, Jihafas Vol. 3, No. 2, Desember 2020
Blancahard, P. (1995). Manajemen Perilaku Organisasi Pendayagunaan Sumber Daya Manusia.
Creswell, J.W. (2014). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar, Jogjakarta.
Daryanto, (2018). Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Day, Christopher and Sammons, Pamela. (2014). Successful Schools Leadership. Educatioan Development Trust. The University of Nottingham, United Kingdom.
Hasibua. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Ivancevich, et.al., (2007). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.
Kartono, Kartini. (2006). Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Rajawali.
Kompri. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional Edisi Pertama, Jakarta: Kencana.
Laila, A. The Effective School: The Role of the Leaders in School Effectivensess. Academic Journal Educational Researc and Reviews, Vol 10 (6), 23 March 2015.
Malayu. (2007). Organisasi Dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, MB, and Huberman, AM. (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia. Jakarta
Moleong, (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Morhead & Griffin. (2013). Prilaku Organisasi MSDM dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
OCBC NISP, Artikel Pengertian Delegasi: Tujuan, Jenis, Manfaat & Tips Kerjanya, https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/12/15/delegasi-adalah.
Reynolds, D. (2015). Effective school leadership: the contributions of school effectiveness research. National College for School Leadership. 17 March 2015.
Rivai, Veithzal. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Robbin, P, S. (2002). Prinsip-prinsip Prilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga
Sagala, S. (2013). Managemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pembuka Ruang Kreativitas Inovasi dan Pemberdayaan Potensi Di Sekolah Dalam Sitem Otonomi Sekolah. Bandung : Alfabeta
Slocum, Jonh W dan Hellriegel, Don (2009). Principles of Organizational Behavior. South-Western : Ohio.
Sri Rahmi, Kepala Sekolah dan Guru Profesional, PT. Lembaga Naskah Aceh &
Pascasarjana UIN Ar Raniry Banda Aceh 2018. hlm 111-123.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutarto, Wijono. (2018). Kepemimpinan Dalam Perspektif Organisasi, Prenadamedia Group.
Suyanto dan Asep Jihad. (3013). Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Erlangga.
Syamsuri, Kepemimpinan Partisipatif dan Pendelegasian Wewenang, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014, hlm. 4.
Usman. Moh Uzer. (2002). Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wahjdosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala sekolah. Jakarta: Raja Grafindo
Wallace, M. Sharing Leadership of Schools through Teamwork. Journal Educational Management Administration and Leadership Vol 29 Issue 1, 2001.
Copyright (c) 2024 Wahyudi Utama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.