IMPLEMENTASI SHOLAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SDS APLIKATIF ALHIDAYAH AS-SHOMADDIYAH SUKOREJO
Abstract
Dunia pendidikan sangatlah berpengaruh bagi seluruh manusia di muka bumi ini. akan tetapi tidak hanya kecerdasan intelektual, namun juga kecerdasan spiritual juga seharusnya harus kita upayakan dengan cara melakukan penerapan yang dilakukan disetiap harinya siswa disekolah, seperti dengan adannya budaya atau kebiasaan diluar kegiatan belajar mengajar yang di terapkan untuk siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi sholat Dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SDS Aplikatif Al-Hidayah As-Shomadiyah, Sukorejo. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan sholat Dhuha melalui pengajaran, keteladanan, dan nasihat kepala sekolah berperan signifikan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa sholat Dhuha dapat menjadi strategi efektif untuk membentuk karakter religius siswa.
References
Bachruddin, R., Darmiyanti, A., & Ferianto, I. (2023). Pembinaan karakter religius melalui pembiasaan sholat dhuha pada peserta didik di SDN Pasirkamuniung I. Afkar Journal, 6(2), 111-120. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.525
Fadillah, E., Setiawan, H. R., & Nurhidayah, N. (2019). Upaya meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui manajemen peserta didik. Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1-14.
Hosna, R. (2018). Internalisasi nilai-nilai tasawuf dalam shalawat wahidiyah bagi pembentukan karakter mulia (Studi kasus di SMK Ihsanniat Rejoagung Ngoro Jombang). Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 4(1), 67-90. https://doi.org/10.24952/fitrah.v4i1.877
Mamkua, M., & Sutrisno, S. (2023). Pendidikan karakter perspektif studi Islam: Peran guru membentuk karakter disiplin siswa melalui kegiatan keagamaan di SD IT. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 104-109. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4226
Mistiningsih, C., & Fahyuni, E. F. (2020). Manajemen Islamic culture melalui pembiasaan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 157-171.
Parhati, L. N., Zulijah, S., & Nugroho, M. T. (2022). Peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional peserta didik sekolah dasar. Journal of Elementary Educational Research, 2(2), 121-129. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i2.285
Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui manajemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(2), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Sa'diyah, A., Djalil, A., & Dewi, M. S. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembiasaan shalat dhuha di SMKN 5 Kota Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(11), 116-127. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index
Saryadi, S., Putri, S. N. A., Puspitasari, H., & Setyaningsih, E. (2020). Pembiasaan sholat dhuha berjama'ah terhadap pendidikan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 120-125. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12839
SMP Negeri 14 Bogor. (2019). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 14 Bogor. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), [page range].
Spiritual, K., & Peserta Didik. (2021). Kecerdasan spiritual peserta didik. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 98-109.
Sudrajat, A. (n.d.). Mengapa pendidikan karakter? [Unpublished manuscript].
Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri, N. (2023). Konsep kecerdasan spiritual pada anak usia sekolah dasar. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(2), 868-879. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/493
Yustina, W., & Adibah, I. Z. (2021). Impresi sholat dhuha terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Butuh 2 tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Inspirasi, 5(1), 123-149. http://ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/255
Copyright (c) 2025 Della Elya Kuswati, Rofiatul Hosna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.