UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN PRILAKU BULLIYING DI SDN 1 SURABAYA KECAMATAN SAKRA TIMUR

  • Ugus Liana Safira Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Muh. Zulkifli Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Samiin Hadi Harianto Universitas Hamzanwadi
Keywords: Kepala Sekolah, Prilaku Buliying

Abstract

Perilaku bullying di sekolah dasar merupakan masalah sosial yang mendalam dengan dampak yang signifikan pada kesejahteraan siswa dan lingkungan belajar secara keseluruhan. Kepala sekolah memegang peran kunci dalam upaya pencegahan dan penanganan bullying di lingkungan sekolah. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam pencegahan perilaku bullying di sekolah dasar. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah dan analisis dokumen kebijakan sekolah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya pencegahan bullying dan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini, termasuk implementasi kebijakan sekolah yang jelas, pelatihan staf, serta kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat. Namun, tantangan dalam implementasi program pencegahan juga diidentifikasi, termasuk keterbatasan sumber daya dan dukungan yang tidak konsisten. Studi ini memberikan wawasan yang berharga tentang peran kepala sekolah dalam pencegahan bullying di sekolah dasar dan menyoroti pentingnya dukungan yang berkelanjutan dari semua pemangku kepentingan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif bagi semua siswa

References

Adawiyah, S. R., Zulkifli, M., & Hakim, M. I. (2024). PENGARUH METODE PAIR CHECK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELA VII DI MTS NW TALUN. Maulana Atsani: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 1-7.
Ela Zain Zakiyah, dkk. (2019). “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying,.” 4(2), hal. 327-328.
Fitria, cakrawati. (2019). Bullying siapa takut. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Haslinda. (2019). “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menangani Siswa Dengan Perilaku Bermasalah Di MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Journal Of Islamic Education Policy, 4(2), hal. 79.
Lutfi, arya. (2018). Melawan Bullying. Mojokerto: CV. Sepilar Publishing House Anggota IKAP.
rejeki, S. (2016). Pendidikan Psikologi Anak ”Anti Bullying” pada Guru-Guru PAUD,”. ” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), hal. 236.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif, Dan R&D. ALFABETA.
Zainiyah, S. Q. A. H., Hakim, M. I., & Zulkifli, M. (2024). PENGARUH INTENSITAS MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU SANTRI DI KELAS X MA RAODLATUTTHOLIBIN NW PAOKMOTONG. Maulana Atsani: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 8-13.
Zulkifli, M. (2018). Manajemen Personalia Lembaga Pendidikan Islam (Studi di Madrasah Ibtidaiyah NW No. 1 Boro’Tumbuh). Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI, 3(2), 31-39.
Published
2024-08-03
How to Cite
Ugus Liana Safira, Muh. Zulkifli, & Samiin Hadi Harianto. (2024). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN PRILAKU BULLIYING DI SDN 1 SURABAYA KECAMATAN SAKRA TIMUR. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 276-283. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.440
Section
Articles