PENGARUH PERILAKU KEAGAMAAN TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP AN-NURMANIYAH CILEDUG TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh perilaku keagamaan terhadap karakter religius siswa di SMP An-Nurmaniyah Ciledug Tangerang dengan pendekatan kuantitatif survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstandar pada 92 responden yang diuji validitas (Cronbach's Alpha 0,82) dan dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil menunjukkan pengaruh signifikan perilaku keagamaan (β=0,304; p=0,043) dengan kontribusi 13,8% terhadap pembentukan karakter religius, terutama pada aspek kejujuran (78%) dan toleransi (82%), sementara empati relatif rendah (65%). Temuan ini mengkonfirmasi pentingnya praktik keagamaan konsisten, namun juga mengungkap peran dominan faktor eksternal (86,2%) seperti lingkungan keluarga dan sekolah. Penelitian merekomendasikan pengembangan program pendidikan agama yang lebih holistik dengan pendekatan kontekstual, kolaborasi sekolah-orang tua, dan penekanan pada dimensi afektif. Keterbatasan dalam cakupan sampel dan metode pengukuran membuka peluang penelitian lanjutan dengan pendekatan mixed-methods dan variabel mediator yang lebih komprehensif.
References
Aldoko, L. P., Aminuddin, K., & Waspodo, T. S., (2019). Pengaruh Media Google Earth Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Keaktifan Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Negeriku Di Sekolah Dasar, Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 5.
Amran, M. (2019). Karakter Religius dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 45–61.
Azis, M. (2021). Pengaruh Praktik Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Moral Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 101–113.
Aziz, A. (2019). Pengaruh Perilaku Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Ermawati Eny. (2020). Implementasi Kegiatan Keagamaaan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Karo.
Firdaus, A. (2020). Perilaku Keagamaan dan Implikasinya dalam Kehidupan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 53–60.
Fitriani, A., & Hidayat, T. (2019). Kontribusi Praktik Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 70–78.
Gunawan, B. (2022). Pengaruh Lingkungan dan Kurikulum Pendidikan Agama dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 55–64.
Hasan, H. (2020). Hubungan Karakter Religius dengan Pembentukan Moral pada Siswa. Pendidikan Dan Karakter, 42–51.
Hidayat, I. (2020). Karakter Religius dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 45–61.
Hidayat, S. (2020). Pengaruh Faktor Sosial terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 67–80.
Lestari, E., & Putra, A. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan di Sekolah: Teori dan Praktik.
Martono, R. , & Astuti, D. (2021). Meningkatkan Karakter Religius Siswa melalui Pendidikan Agama yang Inklusif. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Nasution, S. (2019). Perilaku Keagamaan dan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama.
Nurul, S. (2022). Hubungan Antara Perilaku Keagamaan dan Pengembangan Karakter Religius pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan, 99–110.
Salamah, N., Sjakyakirta Arifin, R., Nurhabibah, W., & Rosfiani, O. (n.d.). Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit E-ISSN:2745-6080 UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMPN 85 JAKARTA. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Salim, S. (2021). Karakter Religius dalam Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama.
Suharsono, A. (2019). Pengaruh Perilaku Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 85–96.
Suhendra, M. (2021). Strategi Pembinaan Karakter Religius dalam Pendidikan Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 55–62.
Surya, D. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan: Upaya Membentuk Siswa Berakhlak Mulia.
Suryani, A. (2019). Karakter Religius dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 44–57.
Sutisnawati, A., Rosfiani, O., Maman Hermawan, C., Iqbal Fahrezi, M., Azie, I., Wahyuni, S., Mardiyah, A., Kamila, A., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3326
Sutrisno, M. (2019). “Pendidikan Agama dan Pembentukan Karakter Siswa: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Sosial, 89–98.
Suyanto, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa.
Syamsuddin, R. (2021). Pengembangan Karakter Religius dalam Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 45–56.
Widodo, W. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 45–58.
Zainal, M. (2020). Kegiatan Ibadah dan Pengaruhnya terhadap Pembentukan Karakter Religius pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 112–120.
Copyright (c) 2025 Nur Fikriyah, Rifqi Garibaldi Khamaini, Feliana Pramesdita Amelia, Hibrizi Adzin, Okta Rosfiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.