PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BETANG EDU BERBASIS ANDROID PADA MATERI TOLERANSI DAN MENGHARGAI PERBEDAAN

  • Zaini Rahman Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Rifaldi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Hadma Yuliani Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Ajahari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Keywords: Media Pembelajaran, Android

Abstract

Perkembangan teknologi mobile membuka peluang inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya pada materi toleransi dan menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Android "Aplikasi Betang Edu" untuk siswa kelas IX SMPN 8 Palangka Raya. Menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D, penelitian ini melibatkan tahap Define, Design, Development, dan Dissemination. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi menggunakan instrumen skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Betang Edu dinilai layak oleh ahli media dengan persentase 76,6% dan dinilai sangat layak oleh ahli materi dengan persentase 82,22%. Aplikasi ini menawarkan konten interaktif yang relevan dengan konteks lokal, meningkatkan pemahaman siswa tentang toleransi dan menghargai perbedaan. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan media pembelajaran PAI yang inovatif, memadukan teknologi dengan nilai-nilai budaya lokal, serta mendukung penanaman sikap toleransi di era digital.

References

Ar Arrasyid, I. A., Elvira, C., Ananda, N. S., & Aziz, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran hyperlink berbasis Canva pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Asmaul Husna kelas X di MAS Muslimat NU Palangka Raya. [Journal Name], 4(3), 495–507.

Azizah, D. D., Sepriyanti, N., Kustati, M., & Nelwati, S. (2024). Problematika guru Akidah Akhlak dalam pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. [Journal Name], 10(3), 1300–1309.

Belva, S. P., Lutvia, A. H., & Yusuf, T. H. (2024). Teknologi pendidikan: Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi En-Alter Sources berbasis aplikasi Powtoon materi sumber energi alternatif sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Dwi, J., Amrullah, R., Prasetya, F. B., Rahma, A. S., Setyorini, A. D., Salsabila, A. N., Nuraisyah, V., & Jember, U. (2024). Efektivitas peran Kurikulum Merdeka terhadap tantangan revolusi industri 4.0 bagi generasi Alpha. [Journal Name], 4, 1313–1328.

Fahrani, A. P., Muchtar, R., Neta, M., & Madinah. (2024). Pengembangan aplikasi belajar Ayo Bertaubat (ABT) pada muatan pembelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN Palopo. IQRO: Journal of Islamic Education, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.24256/iqro.v7i1.5049

Faqih, M. (2020). Efektivitas penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis Android dalam pembelajaran puisi. Jurnal Konfiks, 7(2), 27–34.

Fitri, D. D. (2023). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46–54. https://doi.org/10.37286/ojs.v9i1.218

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299.

Isti’ana, A. (2024). Integrasi teknologi dalam pembelajaran pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493

Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2017). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis Android sebagai media interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65.

Jannah, M., & Cahyadi, A. (2023). Menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui model simulasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1247. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2507

Kasingku, J. D., & Lotulung, M. S. D. (2024). Strategi inovatif pembelajaran pendidikan agama untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. [Journal Name], 9(3), 1–14.

Khotimah, N., Mispani, M., Amrulloh, H., & Setiawan, D. (2023). Strategi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MA Terpadu Nurul Qodiri Lampung Tengah. Berkala Ilmiah Pendidikan, 3(1), 9–20. https://doi.org/10.51214/bip.v3i1.545

Komariah, K., Andriyani, Rosyada, D., & Lusida, N. (2024). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6, 2266–2282. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i10.2889

Kusumawati, S. P. (2021). Pendidikan Aqidah-Akhlak di era digital. EDUSOSHUM: Journal of Islamic Education and Social Humanities, 1(3), 130–138. https://doi.org/10.52366/edusoshum.v1i3.16

Mandalika, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran pada mata kuliah tata rias pengantin. [Journal Name], 20(9), 85–92.

Mar’an, F. A. M., Akla, A., & Ali, M. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan media Android di SDN 1 Metro Barat Kota Metro. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1).

Mawaddah, I. Z., Andani, T., & Yuliani, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran komik berbasis web pada pokok bahasan efek Doppler untuk SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 4, 42–50.

Meduri, N. R. H., Firdaus, R., & Fitriawan, H. (2022). Efektifitas aplikasi website dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Akademika, 11(2), 283–294.

Munawir, M., Putri, M., & Diasti, U. S. P. (2024). Urgensi pendidikan Akidah Akhlak di era globalisasi. Jurnal Basicedu, 8(2), 1402–1410. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7269

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.

Nadiyah, D. L. (2021). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran Akidah Akhlak di MTS NU Banat Kudus. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 263–280. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.393

Rahmah, A. N., Salsabila, U. H., & Hanafi, M. H. (2022). Pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pembelajaran Akidah Akhlak; Kajian integratif gerakan pendidikan KH. Ahmad Dahlan dalam film Sang Pencerah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 11(3), 251–262. https://doi.org/10.33367/ji.v11i3.2146

Raja, A., Gunanti, & Pastilah, L. (2024). Pengembangan media asesmen pembelajaran berbasis Wordwall pada materi sifat Allah SWT terhadap minat siswa kelas VII MTS Terpadu Berkah Palangka Raya. [Journal Name], 4(4), 734–745.

Tanjung, W. R. B., Ruhiat, Y., & Saefullah, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran komik fisika pada materi hukum Newton. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika UNTIRTA, 1(1).

Yuniarti, Rozelin, D., & Rasidin. (2024). Kreativitas guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi. Al-Miskawaih: Journal of Science Education (MIJOSE), 3(1), 1–9.

Published
2025-04-14
How to Cite
Rahman, Z., Muhammad Rifaldi, Hadma Yuliani, & Ajahari. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BETANG EDU BERBASIS ANDROID PADA MATERI TOLERANSI DAN MENGHARGAI PERBEDAAN. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 698-711. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i3.448