PENERAPAN PROGRAM MADRASAH DINIYAH DALAM MEMPERKUAT PEMAHAMAN KEAGAMAAN SISWA DI MTS MIFTAHUSSA'ADAH MIJEN SEMARANG
Abstract
Tantangan yang dihadapi siswa dalam mempertahankan pemahaman agama di era modern saat ini dipengaruhi oleh arus globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat. Maka dari itu, pendidikan keagamaan berperan penting untuk menghadapi tantangan modernisasi dan kemajuan teknologi yang kerap menimbulkan pengaruh negatif pada pemahaman agama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi program Madrasah Diniyah dalam memperkuat pemahaman keagamaan siswa di MTs Miftahussa’adah Mijen Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memahami pelaksanaan program ini dan dampaknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Madrasah Diniyah di MTs Miftahussa’adah Mijen Semarang mampu memperkuat pemahaman agama siswa, terutama dalam aspek ibadah. Siswa merasa terbantu dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama, meskipun ada tantangan dalam hal motivasi belajar karena metode pengajaran yang dianggap monoton. Sehingga diperlukan inovasi metode pengajaran yang tepat untuk meningkatkan efektivitas program dan motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, program Madrasah Diniyah ini berdampak positif dalam memperkuat pemahaman keagamaan siswa, namun masih perlu inovasi dalam metode pengajaran untuk mempertahankan antusiasme siswa.
References
Amira, N., Fitriani, N. A., & Ningsih, S. M. (2023). Isu Isu Dalam Pendidikan Islam. Journal Islamic Education, 1(3), 865–877.
Dalimunthe, L. A. (2020). Metode Pelaksanaan Kegiatan Madrasah Diniyyah. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 04(2), 113–122. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/gender.v4i2.3339
Etikoh, N., & Afif, Z. N. (2023). Efektifitas Integrasi Muatan Lokal Pendidikan Diniyah Dalam Peningkatan Kemampuan Pendidikan Agama Islam Siswa (Studi Kasus di SMPN 5 Jombang). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 3(3), 338–349. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/irsyaduna
Ikwandi, M. R. (2017). Peran Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Di Mi Raudlotul Islamiyah, Sawocangkring, Wonoayu, Sidoarjo. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 32–45. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.6
Kunthi, Y. D., & Istiqlaliah, H. (2024). Peran Madrasah Diniyah dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 74–87. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/annuha.v4i1.436
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publication.
Muhammad Rifdillah, Vita Vitisia, Wawan Gunawan, Wahyu Hidayat, A. G. (2023). Implikasi Kebijakan Pendidikan Diniyah Terhadap Peningkatan Pendidikan Dan Nilai-Nilai Keagamaan. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 3(4), 181–190. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/social.v3i4.3069
Muhammad Syafiul Umam, M. M. (2024). Peran Guru Diniyah Dalam Pembentukan Sikap Moderat Siswa ( Studi Kasus di Madrasah Diniyah Nurul Jannah Dsn. Rayung Ds. Turirejo Kec. Kedamean Gresik). Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU), 1(5), 300–314. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jinu.v1i5.2556
Rachmadani, A. (2024). Implementasi Kurikulum Madrasah Diniyah Dalam Menumbuhkan Sikap Religius Siswa Di Smpn 1 Peterongan Jombang. Jurnal Sains Student Research, 2(4), 847–854. https://doi.org/h?ps://doi.org/10.61722/jssr.v2i4.2066
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan, 2 (2007).
Rusandi, M. R. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar / Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sabilal Falah, I. M. (2024). Eksistensi Madrasah Diniyah Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 03(01), 48–55. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/aldawat.v3i01.4803
Saputra, F. (2024). Pembinaan Karakter Mahasiswa Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Digital. WATHAN: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 176–188. https://doi.org/https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/wathan/article/view/77
Septiani, R., & Basiran. (2023). Efektifitas Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Dan Akhlak Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Santri Di Madrsah Diniyah Takmiliyah Nururrohman). Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(3), 110–116. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i3.1509
Sintiyani. (2020). Pengembangan Mutu Pembelajaran Diniyah (N. A. Wiyani (Ed.)). Pustaka Senja.
Copyright (c) 2025 M. Arif Akhzam, M. Rikza Chamami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.