PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA OTORITATIF TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS XII MA NW BUNGTIANG

  • Hakkul Yakin Dosen Tetap Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muhammad Rifa’I Said Mahasiswa Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Ummi Hasna Komala Mahasiswa Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
Keywords: Orang Tua, Pola Asuh Otoritatif, Kemandirian Siswa

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu pre- experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh kelas XII MA NW Bungtiang yang terdiri dari dua kelas yaitu ada yang sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang menjadi kelas eksperimen adalah siswa yang mempunyai pola asuh orang tua otoritatif yang berjumlah 12 siswa, sedangkan yang selain dari pola asuh orang tua otoritatif itu akan menjadi kelas kontrolnya yang berjumlah 12 siswa, total semuanya berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dengan menggunakan rumus product moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows.. Hasil penelitian menunjukan adanya koefisien determinasi regresi didapat sebesar 0,856, dengan standar error 0,333 dan 0,481, dilihat dari t hitung dan t tabel maka nilai t hitung 2,572 lebih besar dari t tabel 0,404 dan pada taraf signifikasi 0,017 lebih kecil dari 0,05, ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa kelas XII MA NW Bungtiang tahun pelajaran 2021/2022, yaitu sebesar 48,1% dengan 23,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Aisyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Mahasiswa Baru. PT Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Hurlock B, E. (2011). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Longkutoy, N. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Siswa Smp Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Jurnal Pendidikan, 10(2).
Mohammad Ali, M. A. (2010). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara.
Santrock ,W. J. (2013). Adolescence Perkembangan Remaja. Erlangga.
Ayu, Rahma. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Siswa. Lampung: PT Bumi Aksara, 2018.

Azwar, Syaifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Kartini. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja rosda karya, 2012.

Rifa, Hidayah. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN-Malang Press, 2013.

Riyanto, Yatim. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suharnan. Pengembangan Skala Psikologi. Pesona, Jurnal PsikologiIndonesia, 2012.

Tedi, Rusman. Statistika Penelitian; Aplikasinya Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.

Yusril, Muhammad. Study Komparasi Metode Entropy Dan Metode ROC Sebagai Penentu Bobot Kriteria SPK. Bandung: kreatif industri nusantara, 2020.
Published
2022-12-15
How to Cite
Hakkul Yakin, Muhammad Rifa’I Said, & Ummi Hasna Komala. (2022). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA OTORITATIF TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS XII MA NW BUNGTIANG. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 78-85. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v2i2.55