INTEGRASI DEEP LEARNING DALAM PENDIDIKAN ISLAM ADAPTIF: SEBUAH STUDI LITERATUR SISTEMATIS

  • Rizwan Martiadi STAI Sabili Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Riyanti Agustini STAI Sabili Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Tatang Muh Nasir UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Yudiyanto STAI Sabili Bandung, Jawa Barat Indonesia
  • Deni Tata Kusuma UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat Indonesia

Abstract

Di era disrupsi digital, teknologi Deep Learning menjadi salah satu inovasi penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk dalam konteks pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi penerapan Deep Learning dalam menciptakan sistem evaluasi adaptif yang selaras dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang holistik. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis berbasis protokol PRISMA, dengan analisis data menggunakan perangkat lunak NVivo 12. Literatur yang dianalisis terdiri dari 32 artikel terpilih dari tahun 2015–2024, yang diperoleh melalui database seperti Scopus, Google Scholar, Garuda, dan ScienceDirect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Deep Learning tidak hanya unggul secara teknis dalam pembelajaran personalisasi, prediksi prestasi, dan deteksi retensi siswa, tetapi juga sejalan secara filosofis dengan ajaran Islam tentang pentingnya pemanfaatan akal dan pencarian ilmu. Namun demikian, terdapat tantangan etis dan teknis yang perlu diperhatikan, seperti perlindungan data siswa dan ketimpangan akses teknologi. Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi Deep Learning dalam pendidikan Islam dapat memperkuat kualitas pembelajaran dan pembentukan karakter, asalkan disertai dengan prinsip etika Islam

References

Abubakar, A., & Ridha, A. (2024). Al-Qur’an dan Kecerdasan Buatan (Suatu Kajian Tematik). Jurnal Al - Wajid, 5(1), 190–203. https://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/b5-Pemanfaatan-NVIVO-dalam-Penelitian-Kualitatif.pdf

Adriana. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Deep Learning BagiSiswa Inklusi di Pendidikan VokasiSystematic Literature Review. Jurnal Tiarsie, 18(4), 1–9.

Apriani, E. (2024). Penerapan Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar. 31(02), 97–107.

Chasbiyah, M. U. dkk. (2024). Peran Etika Profesi dalam Meningkatkan Kualitas Guru di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2000 – 2008. https://irje.org/irje/article/download/1306/1001/6119

Endah, P. T. … Imbalan, Z. (2020). NVIVO | i. Pemanfaatan NVIVO Dalam Penelitian Kualitatif, 1–125. https://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/b5-Pemanfaatan-NVIVO-dalam-Penelitian-Kualitatif.pdf

Fadilah, M. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi dan Problematika yang Dihadapinya. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 220–233. https://kumparan.com/tsamira-sayyidani/peran-pendidikan-agama-islam-di-era-globalisasi-1zNVBDKfARk

Hutapea, L. K., & Marbun, R. C. (2025). Peran Tenaga Pendidik dalam Menanamkan Nilai-Nilai Anti Korupsi dan Nepotisme dalam Dunia Pendidikan. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(1), 11576–11584. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Iglesias, L. L. … Blanco, J. A. P. (2021). A primer on deep learning and convolutional neural networks for clinicians. Insights into Imaging, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s13244-021-01052-z

Moghimi, A. … Schlurmann, T. (2024). A Comparative Performance Analysis of Popular Deep Learning Models and Segment Anything Model (SAM) for River Water Segmentation in Close-Range Remote Sensing Imagery. IEEE Access, 12(April), 52067–52085. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2024.3385425

Muneer, S. … Sakib, S. (2024). A Critical Review of Artificial Intelligence Based Approaches in Intrusion Detection: A Comprehensive Analysis. Journal of Engineering (United Kingdom), 2024(1), 1–16. https://doi.org/10.1155/2024/3909173

Naharuddin, & Hanani, S. (2024). Relevansi Pendidikan Agama Islam pada Madrasah palam Perspektif Auguste Comte di MAN 4 AGAM. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 389–396.

Nasir, T. M. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENILAIAN AKHIR SEMESTER. 2(2), 158. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3319487

Nasir, T. M. … Hasbiyallah, H. (2022). Komponen-Komponen Kurikulum Sekolah Menengh Pertama. Jimpi Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam, 01(02), 121–129. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jimpi/article/view/650/329

Nasir, T. M. … Sahidin, D. (2024). Enhancing Decision-Making Skills in Islamic Religious Education: A Study on Utilizing PowerPoint-Assisted Puzzle Learning with the Make a Match Model. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2657–2666. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4983

Nasser, A. A. … Sauri, S. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i1.965

Nurhakiki, J., & Yahfizham, Y. (2024). Studi Kepustakaan: Pengenalan 4 Algoritma Pada Pembelajaran Deep Learning Beserta Implikasinya. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 270–281. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.598

Primartha. (2018). Melajar Machine Learning Teori dan Praktik.

Raup, A. … Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258–3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Robby Darwis Nasution. (2017). Effect of the Development of Communication Information Technology on Local Cultural Existence - Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 123858. http://eprints.umpo.ac.id/5056/1/%28artikel%29 Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal.pdf

Rosmayati, S., & Yulianti, N. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. International Journal Of Science Education and Technology Management Pages, 1(1), 16–26. https://ijsetm.my.id

Saxton, G. D., & Guo, C. (2020). Social media capital: Conceptualizing the nature, acquisition, and expenditure of social media-based organizational resources. International Journal of Accounting Information Systems, 36, 100443. https://doi.org/10.1016/j.accinf.2019.100443

Thosin Waskita, D. … Rakeyan Santang, S. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Ape Diorama Laut. Jurnal Bakti Tahsinia (JBT), 1(1), 1–8.

Turmuzi, A. (2025). Pendekatan Deep Learning untuk Menciptakan Pengalaman Belajar yang Bermakna Ahmad Turmuzi. Journal Scientific of Mandalika (Jsm), 6(7), 1711–1719. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/download/4572/3567

Ulfah, U. … Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392

Yousefi, N. … Garibay, I. (2019). A Comprehensive Survey on Machine Learning Techniques and User Authentication Approaches for Credit Card Fraud Detection. 9(1), 18–25. http://arxiv.org/abs/1912.02629

Published
2025-04-22
How to Cite
Rizwan Martiadi, Riyanti Agustini, Tatang Muh Nasir, Mohamad Yudiyanto, & Deni Tata Kusuma. (2025). INTEGRASI DEEP LEARNING DALAM PENDIDIKAN ISLAM ADAPTIF: SEBUAH STUDI LITERATUR SISTEMATIS. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 817-826. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i3.674