ANALISIS FUNGSI MANAJEMEN KURIKULUM BERDASARKAN HADITS TEMATIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Taupan Jayadi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Syamsiah Kurniawan Universitas Islam Negeri Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi manajemen kurikulum berbasis hadis tematik dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan empiris pada lembaga pendidikan yang melakukan kurikulum manajemen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum berbasis hadits tematik dalam pendidikan Islam dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam hadits ke-40. Perencanaan kurikulum melibatkan perencanaan kesempatan belajar untuk membimbing siswa menuju perubahan perilaku yang diinginkan dan menilai mana perubahan ini telah terjadi. yang dijelaskan dalam Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhori dalam hadits ke-40. Dalam pengorganisasian terdapat pembagian tugas, berwenang,dan tanggung jawab sesuai dengan bidang dan bagiannya sehingga terciptanya hubungan kerjasama yang harmonis dan lancar dalam mencapai tujuan. Implementasi kurikulum dibagi menjadi dua tingkatan yaitu di tingkat sekolah dan di tingkat kelas. Di tingkat sekolah berperan sebagai kepala sekolah, dan di tingkat kelas berperan sebagai guru. Sebagaimana diterangkan dalam hadis riwayat Imam Muslim dalam hadis ke-4831, evaluasi kurikulum maksudnya untuk menilai suatu kurikulum sebagai program pendidikan untuk menilai efisiensi, efektivitas, dan program produktivitas dalam mencapai tujuan pendidikan. 

References

Abdullah, H. M. Ma’ruf, Manajemen berbasis Syariah, (Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2012)
Amirullah dan Haris Budiyono, Pengantar Manajemen,(Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013)
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: Rosdakarya: 2013)
Herujito, Yayat M. Dasar- Dasar Manajemen, Jakarta: Grasindo:2001
Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahu 2003 Tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah R.I Tahun 2003 Tentang Standar Nasional Pendidikan serta Wajib Belajar, (Bandung: Citra Umbara, 2014
Lidwa Pusaka i-Software - Kitab 9 Imam Hadist, Kitab Iman Bukhari.
Mestika, Zed. Zed Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Bogor Indonesia, 2004.)
Nurgiyantoro, Burhan, Dasa-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah: Sebuah Pengantar Teoritis dan Pelaksanaan, (Yogyakarta: BPEF, 2008).
R. Terry, George, dan Leslie W. Rua. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Ramayulis, H. & Mulyadi, Manajemen dan Kepemimpinan Kependidikan, Jakarta: Radar Jaya Offset, 2017
Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: RajaGrafindo Persada: 2009.
Wiji Hidayati, “Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Jenjang SMA Bermuatan Keilmuan Integrasi Interkoneksi”, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1, Nomor 2, November 2016/1438,hal. 202, diakses pada 1 Maret 2017
Published
2023-07-26
How to Cite
Taupan Jayadi, & Syamsiah Kurniawan. (2023). ANALISIS FUNGSI MANAJEMEN KURIKULUM BERDASARKAN HADITS TEMATIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 14-24. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v3i1.71
Section
Articles