IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA DALAM MENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VI MI. NURMADANI NW MONTONG LISUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Saharudin Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Keywords: Implementasi pembelajaran berbasis budaya, motivasi Belajar, matapelajaran Akidah Akhlak

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya dan mendeskripsiskan implemntasi pembelajaran berbasis budaya. Batasan istilah Penelitian ini motivasi  belajar dan implementasi  Pembelajaran Berbasis Budaya  dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajran Akidah Akhlak di Kelas VI MI. Nurmadani NW Montong tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Objek penelitian ini adalah Siswa Kelas VI MI. Nurmadani NW Montong. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurmadani NW Montong Lisung, pada Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,  wawancara, dokumentasi, dan tinjauan literatur. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu berupa pedoman  lembar observasi, Penilaian, dan Dukumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan penyajian data,  dengan cara deskreptif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama dari segi Pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya  merupakan strategi yang tepat untuk pembelajaran Akidah Akhlak. Yang kedua pembelajran berbasisis budaya dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa. Panduan dalam materi Akidah Akhlak ini adalah (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP, Buku Panduan Akidah Ahlak serta refrensi lainnya.

References

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Bungin, Burhan, 2005, Metode Penelitian Kualitatif, Predana Media, Jakarta
Bungin, Burhan, 2005, Metodelagi Penelitian Kualitatif, Kencana,Jakarta
Depdiknas, 2003, Undang-Undang RI N0.20 tahun 2003, Tentang Sistem pendidikan Nasional.
Fatah, Yasin, 2008, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, UIN Malang Pres, Malang.
Gunawan, Imam, 2015, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Hamalik, Oemar, 2009, Psikologi Belajar & Mengajar, Bandung.
Hatimah, Ihat, 2007, Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, Jakarta.
Hamalik, Oemar, 2010, Kurikulum dan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta
Irham Muhammad dan Wiyani Ardy, 2017, Psikologi Pendidikan, Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran, Ar-Ruzz Media.
Jamarah, Saiful Bahri, 2002, Strategi Belajar Mengajar, Renika Cipta.
Masan, 2014, Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak, PT. Karya Toha Putra, Semarang.
Melong, Lexy J, 2005, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mulyasa, 2006, Menjadi Guru Profesional, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nasution, 2005, Teknologi Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Punaji, Setyosari, 2010, Metode penelitian pendidikan dan pengembangan, kencana prenada media group, Rawamangun-Jakarta..
Purwanto, Ngalim, 2007, Fsiologi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Purwanto, Ngalim, 2002, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Sanjaya, Wina, 2007, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta.
Sardiman, 2007, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Silalahi, Ulber, 2009, Metode Penelitian Sosial, PT. Rafika Aditama.
Sugiyono, 2010, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Published
2021-10-30
How to Cite
Saharudin. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA DALAM MENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VI MI. NURMADANI NW MONTONG LISUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Al-Mujahidah, 2(2), 287-313. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v2i2.34
Section
Articles