Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI NW Apitaik
Abstrak
Pembelajaran contextual teaching and learning adalah konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang di ajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang di miiki dengan penerapan dalam kehidupan. Pada dasarnya pembelajaran contextual teaching and learning adalah konsep yang bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan yang nantiya secara fleksibel dapat diterapkan dari suatu permasalahan atau dari suatu konteks kekonteks yang lain sehingga pemahaman siswa diharapkan melalui pengalaman bukan hanya menghafal sebuah materi saja.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan cara metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis datakualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learningdalam meningkatkan minat belajar adalah bisa mengembangkan pemikiran bahwa siswa akan belajar lebih menarik ketika siswa belajar dengan caranya sendiri dan menemukan ide-idedenganmengkontruksikan sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya, ciptakan masyarakat belajar. Dampak positif dari implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan minat belajar adalah bisa mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah, bisa mengembangkan kemampuan berpkir kritis, logis dan analitis dan dampak negatif dari implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning adalah kurangnya kemampuan dalam bernalar
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##