Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI NW Apitaik

  • Rulyandi rulyandi Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Minat Belajar

Abstrak

Pembelajaran  contextual  teaching  and  learning  adalah  konsep  belajar  yang  dapat membantu guru  mengaitkan  antara  materi  yang  di  ajarkan  dengan  situasi  dunia  nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang di miiki dengan penerapan dalam kehidupan.  Pada  dasarnya  pembelajaran  contextual teaching and learning adalah konsep yang bertujuan untuk  membekali siswa dengan pengetahuan yang nantiya secara fleksibel dapat diterapkan  dari  suatu  permasalahan atau dari suatu konteks kekonteks yang lain sehingga pemahaman siswa diharapkan melalui pengalaman bukan hanya menghafal sebuah materi saja.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan  sumber primer dan sekunder, teknik pengumpulan  data dalam penelitian  dengan  cara metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis datakualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana penerapan model pembelajaran  contextual teaching and learningdalam meningkatkan minat  belajar adalah  bisa mengembangkan pemikiran bahwa siswa akan belajar lebih  menarik ketika siswa belajar dengan caranya sendiri dan menemukan ide-idedenganmengkontruksikan sendiri pengetahuan  dan  keterampilan  barunya, ciptakan masyarakat belajar. Dampak positif dari implementasi model pembelajaran  contextual teaching and learning dalam meningkatkan minat belajar adalah bisa mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah,  bisa  mengembangkan  kemampuan berpkir kritis, logis dan analitis dan dampak negatif dari implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning adalah kurangnya kemampuan dalam bernalar

Diterbitkan
2020-04-25
Bagian
Articles