MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TAKE AND GIVE DI KELAS V SDN 4 LIMBOTO

  • Karsila SK Usman PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Fatimah Djafar IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ingka Rizkiyani Akolo IAIN Sultan Amai Gorontalo
Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Take And Give, Materi Perkalian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 4 Limboto dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Take And Give. Model pembelajaran kooperatif Take And Give diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di kelas V SDN 4 Limboto, dengan beberapa tahapan yang meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap observasi, dan (4) tahap refleksi. Subjek pada penelitian adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif  Take And Give belum mencapai KKM, setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif  Take And Give hasil belajar siswa meningka, dapat dilihat pada peningkatan ketuntasannya di pra-siklus 19% meningkat di siklus I menjadi 48% dan di siklus II meningkat menjadi 81%. Dengan demikian, hasil belajar siswa dan analisis lembar observasi pengamatan meningkat kearah yang lebih baik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif Take And Give

References

Assalamalaikum ka
Published
2025-04-26
How to Cite
Usman, K. S., Fatimah Djafar, & Ingka Rizkiyani Akolo. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TAKE AND GIVE DI KELAS V SDN 4 LIMBOTO. Al-Mujahidah, 6(1), 156-164. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v6i1.247
Section
Articles