ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 21 LIMBOTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN 21 Limboto dan menganalisi kendala dan upaya kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN 21 Limboto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan lapangan (Field Research). Pengumpulan data melalui: observasi; wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN 21 Limboto dilaksanakan dengaan baik yaitu guru pendidikan agama Islam dapat memahami peserta didik, memiliki kemampuan dalam merancang pembelajaran di kelas, mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, dan mampu dalam merancang dan melaksanakan evaluasi belajar peserta didik. 2) Kendala kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Negeri 21 Limboto yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam mengikut pembelajaran karena lebih sering bermain, teman dan lingkungan yang tidak mendukung peningkatan prestasi belajar. Adapun faktor pendukung yaitu guru Pendidikan Agama Islam berupaya memaksimalkan kompetensi pedagogik dengan ikut berbagai pengembangan diri, seminar, serta pelatihan
References
Arinda, F. (2023). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. CV. Gre Publishing.
Auliani, N. (2018). Pengaruh kompetensi pedagogik guru sekolah dasar bersertifikasi terhadap hasil belajar murid kelas V SD Inpres Layoa Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Banteng [Tesis magister, Universitas Hasanuddin?]. Makassar.
Edison. (2023). Model problem based learning solusi meningkatkan prestasi belajar. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Halid, H., & kawan-kawan. (2019). Profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Deepublish.
Hayatun, N. (2024). Konsep pendidikan anak dalam pengembangan akhlak perspektif Hamka. Jakarta.
Munirah. (2020). Menjadi guru beretika dan profesional. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Copyright (c) 2025 Hestika Karim, Arten H. Mobonggi, Fatimah Djafar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.