URGENSI MEDIA PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN 4 LIMBOTO

  • Ilma Kamila IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Arten H. Mobonggi IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Febry Rizki Susanti Kalaka IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas II di SDN 4 Limboto dan untuk mengetahui upaya dan kendala dalam penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas II di SDN 4 Limboto. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif menjadi jenis pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Urgensi media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas II di SDN 4 Limboto sangat penting. Karena media pembelajaran yang menarik dapat memicu rasa ingin tahu dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Media yang menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih aktif terlibat dalam pembelajaran. Upaya dan kendala dalam penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas II di SDN 4 Limboto: Kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang media. Untuk mengatasi ini yaitu dengan aktif belajar, mengikuti pelatihan, mencari informasi daring, dan bertanya pada rekan sejawat dan minimnya kreativitas dan kemampuan dalam membuat serta memanfaatkan media, membuat pelajaran kurang bervariasi.

References

Arsyad, A. (2018). Media pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Asnawir, & Usman, B. (2020). Media pembelajaran. Ciputat Press.

Budiarti, A., Suryani, D., & Wahyudi, A. (2017). Pengaruh model discovery learning dengan pendekatan scientific berbasis e-book pada materi rangkaian inductor terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2 (2), 123–130.

Diyah. (2020). Geogebra dalam pembelajaran matematika. Deepublish.

Djamarah, S. B., & Aswan, A. (2020). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Drajat, Z., Fahmi, A., & Hidayat, R. (2017). Ilmu pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Fujianto, A., Mulyani, S., & Kurniawan, D. (2020). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antar makhluk hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 841–850.

Huang, R., Spector, J. M., & Yang, J. (2019). Educational technology: A primer for the 21st century. Springer Nature.

Kurniawan, D. A., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada materi pola bilangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8 (2), 145-160. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.42367

Pratama, R. A., & Setyawan, A. (2020). Learning management system (LMS) dalam mendukung pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (2), 135-146.

Rahayu, S., & Hidayat, R. (2022). Efektivitas penggunaan media video animasi terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Elementary School, 9 (1), 23-34. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v9i1.2156

Saputra, V. H., & Febriani, N. (2021). Implementasi gamifikasi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan engagement dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 15 (1), 45-58.

Published
2025-08-30
How to Cite
Ilma Kamila, Arten H. Mobonggi, & Febry Rizki Susanti Kalaka. (2025). URGENSI MEDIA PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN 4 LIMBOTO. Al-Mujahidah, 6(2), 489-495. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v6i2.328
Section
Articles