PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division pada materi bentuk pecahan desimal dan persen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini kelas Va di Mi Al-Huda Gorontalo, dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 11 siswa dan perempuan sebanyak 11 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hasil tes dan analisis hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika materi bentuk pecahan dan persen menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas Va MI Al-Huda Gorontalo. Hal ini ditunjukan oleh hasil belajar siswa pada siklus I dan II yang mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 14 orang siswa yang dikategorikan mencapai KKM dengan persentase 63% dan pada siklus II yang dikategorikan mencapai nilai KKM sebanyak 20 orang siswa dengan persentase 90% Jadi KKM meningkat 27%. Maka prestasi belajar siswa pada siklus II sudah mencapai nilai KKM atau indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas Va MI Al-Huda Gorontalo
References
Ahmad, S. (2018). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kharisma Putra Utama.
Eveline & Hartini. (2019). Teori belajar dan pembelajaran. Ghalia Indonesia
Lindayani, D.A. (2019). Manajemen pembelajaran inovatif. Iranti Mitra Utama
Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi pendekatan saintifik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 607-620.
Trianto. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovasi Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, Moh Uzer. (2017). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045.
Widana, I.W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). Jounal of Indonesia Student Assessment and Evaluation (JISAE), 3(1), 32-44.
Warsono & Hariyanto. (2019). Pembelajaran aktif. Remaja Rosdakarya.
Yendri Wirda, Ikhya Ulumudin, Ferdi Widiputera, Nur Listiawati and Sisca Fujianita. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Copyright (c) 2025 Selviani H. Hente, Fatimah Djafar, Febry Rizki Susanti Kalaka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.