UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI ALAT PERAGA BERBAHAN BARANG BEKAS KELAS V

  • Sefiawanda Mamonto IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Andi Nurwati IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Sabrina Najib Mohamad IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini (1). Rendahnya pemahaman peserta didik dalam memahami materi sistem peredaran darah manusia. (2). Minimnya penggunaan media pembelajaran sehingga peserta didik sulit memahami materi sistem peredaran darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada materi sistem perederan darah manusia melalui alat peraga berbahan barang bekas di kelas V SDN 4 Limboto. Alat peraga yang digunakan adalah kardus bekas, botol plastik bekas, dn selang bekas. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas oleh Kemmis Mc Tagart. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SDN 4 Limboto yang berjumlah 22 orang. Teknik pengunpulan data dilakukan dengan cara observasi, Tes dan dokumentasi. Desain penelitian memiliki empat model yaitu: pengamatan, perencanaan, tindakan dan refleksi. Hasil penelitian menujukan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas V di SDN 4 Limboto dapat dilihat dari jumlah–jumlah persentase yang didapatkan. Pada saat pra siklus persentase rata-rata yakni 13,63 % sebelum melakukan tindakan, kemudian setelah melakukan tindakan pada siklus I nilai persentase rata-rata meningkat yakni, 77,27% dan meningkat lagi pada siklus II dengan nilai perentase rata-rata yakni 100% dan sudah mencapai tingkat keberhasilan yakni 75%. Maka dengan itu alat peraga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas V SDN 4 Limboto

References

Anggraeni, D., & Hartono, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis barang bekas untuk meningkatkan kreativitas siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 45–56.

Arfianto, F. (2019). Pengaruh alat peraga tiga dimensi sistem peredaran darah manusia terhadap hasil belajar siswa SMA. Anterior Journal, 2.

Fitra, M. N. (2021). Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Journal Homepage, 333–405.

Fitrianingsih, N. (2023). *Pengembangan Alga Siperdam berbahan barang bekas serta pengaruh terhadap minat siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD tahun 2022/2023* [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of teaching (9th ed.). Pearson.

Pambudi, B., dkk. (2018). Pengembangan alat peraga IPA dari barang bekas untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2.

Prasetyo, A. P. B., & Solikhin, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel. Unnes Journal of Biology Education, 4(2), 122.

Savriani, E. (2020). *Pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika SDN 6 Metro Barat tahun pelajaran 2019/2020* [Skripsi]. IAIN Metro.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2018). Evaluasi program pembelajaran: Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.

Published
2025-07-11
How to Cite
Sefiawanda Mamonto, Andi Nurwati, & Sabrina Najib Mohamad. (2025). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI ALAT PERAGA BERBAHAN BARANG BEKAS KELAS V. Al-Mujahidah, 6(2), 435-440. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v6i2.299
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)