ANALISIS MATERI AJAR BUKU TEKS “AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB UNTUK MTS KELAS IX” KARYA HASAN SAEFULLOH DITINJAU DARI TEORI MACKEY
Abstrak
Skripsi ini mengkaji tentang kesesuaian materi ajar buku teks “Ayo Memahami Bahasa Arab untuk MTs Kelas IX” Karya Hasan Saefulloh ditinjau dari teori Mackey. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya buku teks bahasa Arab di beberapa sekolah maupun pesantren belum disesuaikan dengan proses pembelajaran orang Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian materi ajar buku teks “Ayo Memahami Bahasa Arab untuk MTs Kelas IX” Karya Hasan Saefulloh ditinjau dari teori William Francis Mackey. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks tersebut telah memenuhi seleksi dengan baik karena adanya tujuan suatu program pembelajaran bahasa, tingkat kemahiran perserta didik, dan lama suatu program. Gradasi yang baik karena disajikan dengan kaidah dari yang mudah ke kaidah yang sulit. Presentasi yang baik karena halaman awal dilengkapi dengan petunjuk penggunaan buku bagi guru, dan pada setiap bab sangat didukung dengan pictorial yang memadai. Repetisi sudah baik karena pada setiap akhir bab terdapat banyak latihan-latihan soal dan dilengkapi dengan penyajian contoh soal UAS, baik semester Gasal maupun semester Genap.
Referensi
Awalludin. (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Dharmawan, A. (2017). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Islamiyyah. [Skripsi] .
Faoziyah, L. (2020). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Berdasarkan Kurikulum 2013 . [Skripsi] .
Fauzi, M. F., & Anindiati, I. (2020). E- Learning Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Izzan, A. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Kurniawan, A. (2017, Oktober 24). Pengembangan Buku Ajar Microteaching Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru. Mandalanursa , 9.
Lestari, N. S. (2012). Analisis Buku Teks Bahasa Arab Kelas V untuk Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Erlangga Ditinjau dari Psikologi Perkembangan Kognitif Anak . SKRIPSI Jurusan Sastra Arab-Fakultas Sastra UM .
Mackey, W. F. (1967). Language Teaching Analyisis. Institute of Education Sciences.
Miftakhuzzilvana, N. (2013). Pengembangan Materi Ajar Berupa Kumpulan Buku Cerita Rakyat Kabupaten Blora. [skripsi] .
Muna, W. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.
Muslimun. (2019). Analisis Buku Teks Bahasa Arab “Cinta Berbahasa Arab” Sekolah Dasar Kelas 6 Karya Mahmud Ismail . [Skripsi] .
Nugroho, K. (2016). Model Analisis Prediksi Menggunakan Metode Fuzzy Time Series. INFOKAM , 12, 46.
Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019, Februari). Pengecekan Keabsahan Data. Dipetik Agustus 22, 2021, dari Analisis Data dan Keabsahan Pengecekan Data: https://osf.io/preprints/inarxiv/3w6qs/
Pransiska, T. (2018). Buku Teks al-Lughah al-‘Arabiyah al-Mu’āshirah bagi Penutur Non Arab: Desain, Kontruksi dan Implementasi. Al Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman , 17 (1).
Romdoni, A. (2015). Al Qur'an dan Literasi Sejarah Rancang Bangun Ilmu-ilmu Keislaman. Depok: Literatur Nusantara.
Roviin. (2018). Analisis Buku Teks Al 'arabiyah Li al-Nasyi'in Karya Mahmud Ismail Shini, Dkk. Al-Bayan .
Rukhayati, S. (2020). Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al Falah Salatiga. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Saefulloh, H. (2018). Ayo Memahami Bahasa Arab untuk MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga.
Salam, S., Sukarman, & Hasnawati. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makasar: Universitas Negeri Makasar.
Sari, R. L. (2017). Pengaruh Pemahaman Siswa Tentang Materi Ajar Perilaku Kerja Prestatif terhadap Efektivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekan Baru. [skripsi] .
Setiawan, C. E., Basit, L. A., & Fathoni, M. (2018). Telaah Bahan Ajar Bahasa Arab “Ayo Fasih Berbahasa Arab” Madrasah Aliyah Kelas XII Karya Hasan Saefulloh (Tinjauan Materi Berdasarkan Teori Mackey). Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV (hal. 10). Malang: FSUM.
Sintia, M. (2018). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab untuk Kelas VIII MTs Terbitan Tiga Serangkai. [Skripsi] .
Sugiarto, E. (2017). Menyusun Proposal Penelitian : Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Susanti, R. D. (2013). Studi Analisis Buku Teks Pelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas Tinggi Madrasah Ibtidaiyyah. Arabia , 5.
Syafnidawaty. (2020, November 14). Pengertian Analisis Menurut Para Ahli. Dipetik Juni 06, 2021, dari Pengertian Analisis: https://raharja.ac.id /2020/11/14 /analisis/
Taufikurrahman. (2020). Literasi 100 Buku Bahasa Arab Kontemporer di Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Ulviani, M. (2022). BAHAN AJAR Teori Belajar dan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Solok: Insan cendekia Mandiri.
Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##



