USE OF SMART COUNTING BOARD MEDIA IN STRENGTHENING NUMERATION OF CLASS IV STUDENTS OF SDN 39 AMPENAN

  • Hety Heni Handayani Universitas Mataram
  • Raodatul Jannah Universitas Mataram
  • Wilayatul Ulia PGSD, FKIP, UNIVERSITAS MATARAM

Abstract

Abstrak

Republik Indonesia menduduki peringkat ketujuh terendah, atau peringkat ke-72 dari total 79 negara, pada bagian matematika pada studi Program for International Student Assessment, yang juga disebut PISA, tahun 2018. Hal ini menunjukkan betapa buruknya literasi matematika anak Indonesia dibandingkan negara lain. Numerasi adalah nama lain dari literasi matematika. Numerasi terdiri dari tiga bagian: operasi matematika, interaksi angka, dan penghitungan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media papan pintar berhitung terhadap numerasi peserta didik kelas IV. Subjek penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 39 Ampenan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 39 Ampenan, penggunaan papan pintar berhitung ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan materi dasar matematika. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa siswa yang belum memahami konsep perkalian dan pembagian pada awal observasi, setelah peneliti menggunakan media papan pintar berhitung untuk menyelesaikan soal dasar perkalian dan pembagian matematika dasar seluruh siswa mampu menyelesaikan dan memahami konsepnya.

 

Abstract

Indonesia was ranked seventh lowest, or 72nd out of 79 countries, in the mathematics category of the Program for International Student Assessment study, also known as PISA, in 2018. This shows how low the mathematics literacy of Indonesian children is compared to other countries. Literacy in mathematics is also referred to as numeracy. Numeration consists of three aspects, namely counting, numeration relations, and arithmetic operations. The method used in this research uses a qualitative descriptive analysis approach. The aim of this research is to determine the use of smart numeracy media on the numeracy of class IV students. The subjects of this research involved all class IV students at SD Negeri 39 Ampenan. Data collection techniques are carried out through observation, tests and documentation. Based on the results of research conducted at SD Negeri 39 Ampenan, the use of smart counting boards can improve students' ability to master basic mathematics material. This was proven by the discovery that several students did not understand the concept of multiplication and division at the beginning of the observation. The researcher used a smart counting board to solve basic multiplication and division math problems. All students were able to complete and understand the concepts.

 

 

 

References

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, R., Nuryani, D., & Sari, D. R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Lectora, 10(1), 88-96.
Dwi Laksono, A. (2022). Analisis Permasalahan Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Islam Sultan Agung, 22(1), 1-10.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Pulungan, Syahrina Anisa. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia. JOTE: Journal On Teacher Education. 3 (3): 266-274.
Salim, A. (2019). Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2).
Sari, Wahyuni, & Rosmaiyadi (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Palembang, 8(1), 165-173.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Al-Insani.
Sugiyono, D. (2022). Metode penelitian penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Alfabeta
Winangsit, E., & Sinaga, F. S. H. S. (2020). Esensi Pendidikan Musik Berbasis Industri Budaya di Tengah Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 989-995).
Published
2024-10-15
How to Cite
Hety Heni Handayani, Raodatul Jannah, & Wilayatul Ulia. (2024). USE OF SMART COUNTING BOARD MEDIA IN STRENGTHENING NUMERATION OF CLASS IV STUDENTS OF SDN 39 AMPENAN. Al-Mujahidah, 5(2), 70-77. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v5i2.135
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)