PENERAPAN METODE (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) SAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II MI NW AIK BUKAQ TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Saharudin IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muh. Thala'at IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Rostiana IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Abstract

Application of the SAS Method to Improve Reading Ability in Indonesian Language Learning in Class II MI NW Aik Bukaq Academic Year 2022/2023. Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program, Tarbiyah Faculty, Hamzanwadi Islamic Institute, NW, East Lombok, 2023. Reading is one of the aspects studied in key Indonesian language lessons or a source of knowledge possessed by a person is obtained through reading. This research aims to find out whether the SAS (Synthetic Structural Analytical) method can improve the reading ability of Class 2 MI NW AIK BUKAQ, and to determine the improvement in reading through the application of the SAS (Synthetic Structural Analytical) method for Class 2 MI NW AIK BUKAQ students. The method used in this research is the PTK method. The method used by PTK refers to the planning, implementation, observation and reflection model. The data from this research were obtained using observation sheets, and initial reading assessment rubrics, then this data was analyzed using a percentage formula. The results of the research obtained were that the increase in students' reading ability was obtained in cycle 1 which was 83% and in cycle II the increase in students' reading ability was 94%. Based on the research results, it can be concluded that applying the SAS method can improve students' reading abilities.

References

Basuki Wibawa, 2003. “jurnal Penelitian Tindakan Kelas”, Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Basyirah, 2019. “Penerapan Metose Struktural Analitik Sintetik Dengan Metode Audio visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Min 38 Aceh Besar”, ( Banda Aceh: Skripsi).
Dedy Kustawan, 2013. Pembelajaran yang Ramah ( Jakarta: Luxima).
Desi Lusiana Agnesta, 2018, “Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa kelas 2 Sekolah Dasar”, (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia).
Farida Rahim, 2011.“Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar”, Jakarta: Bumi Aksara.
Heru Susanto, 2016. “Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”, 1 (1), 12-16.
Syarifah, 2020. “Metode Struktural Analitik Sintetik”, (Online) Https://www.msyarifah.my.id/metode-struktural-analitik-sas/ diakses pada tanggal 16 januari. Dikutip pada tanggal 30 Mei 2023.
Indah Cahyani: 2020“Pengembangan Media Scrabble dengan Metode SAS terhadap Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar”. (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang).
Lailatul MUkaromah, 2021. “Penerapan Metode Struktural Analitik Sintesis untuk Meningkatkan Kemampuan siswa pada membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SDN Tapen 2 Kecamatan Lembenyan Kabubapen Magenat”, (Magenat: Skripsi).
Masnur Muslich, 2009. “Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu mudah”. (Jakarta: PT. Bumi Aksara,cet. 2)
MPLPG Guru, 2011. “Jurnal Penelitian tindakan Kelas”, Surabaya. Unesa Modul Pendidikan Latihan Profesi Guru 1 (2), 24-36.
Muammar, 2020. “Membaca Permulaaan di Sekolah Dasar”, (Mataram: Sanabil).
Mulyasa, 2015. “Menjadi Guru Profesional”. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya). Mulyasa, 2016. “Praktik Penelitian Tindakan Kelas”. (Bandung: PT. Remaja Rosydakarya).
Paizaluddin dan Ermalinda, 2014. “Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) panduan teoritis danpraktis”. (Bandung: Alfabeta).
Poerwadaminta, 1991. “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, (Jakarta: Balai Pustaka).
Ratna Mranti Ranti: 2020. “Penerapan Metode SAS Menggunakan Medikaruf untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca pada siswa kelas 2 SDN 014 Teluk Bintan”. ( Malang: Universitas Muhammadiyah Malang).
Reni Dwi Astuti, 2017. “Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Metode SAS Pada Siswa Kelas 1 SDN Nluwar 2 Maglang Jawa Tengan”. Vol. 1, No. 2, Mei 2013. Diakses pada tanggal 5 Agustus.
Resmayeni: 2019-2020 “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa dengan menerapkan Metode SAS pada Siswa Kelas 1 UPTD Negeri kambung Tahun Pelajaran”, JELIS( Jurnal Edukasi dan Literasi Bahasa).
Rina OKtaviani. Dkk, 2014. “Anak Islam Gemar Membaca”,( Jakarta: Eska Kids).
Sigit Soehardi, 2003. “Perilaku Organisasi”, (Yogyakarta: B BFE UST).
Sru Anita W, dkk, 2018. “Stategi Pembelajaran di SD”. (Tanggerang Selatan: CV. Gerina Prima).
Stephen Robbins, 2020. “Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi angka kelima”. (Jakarta:Erlangga).
Sudjan, 2005. “Metode Statistik”, ( Bandung: Tarsito).
Suharsimi Arikonto, 2003. “Prosedur Penelitian”. (Jakarta: PT. Rineka Cipta).
W.J.S, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka)
Wina Sanjana, 2019. “Stretegi Pmbelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan”. (Jakarta: Prenda Grup).
Published
2024-08-25
How to Cite
Saharudin, Muh. Thala’at, & Rostiana. (2024). PENERAPAN METODE (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) SAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II MI NW AIK BUKAQ TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Al-Mujahidah, 3(2), 445-451. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v3i2.196
Section
Articles